Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 7423

٧٤٢٣ - حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ الۡمُنۡذِرِ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ فُلَيۡحٍ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي: حَدَّثَنِي هِلَالٌ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ يَسَارٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ آمَنَ بِاللهِ وَرَسُولِهِ، وَأَقَامَ الصَّلَاةَ، وَصَامَ رَمَضَانَ، كَانَ حَقًّا عَلَى اللهِ أَنۡ يُدۡخِلَهُ الۡجَنَّةَ، هَاجَرَ فِي سَبِيلِ اللهِ، أَوۡ جَلَسَ فِي أَرۡضِهِ الَّتِي وُلِدَ فِيهَا). قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ، أَفَلَا نُنَبِّىءُ النَّاسَ بِذٰلِكَ؟ قَالَ: (إِنَّ فِي الۡجَنَّةِ مِائَةَ دَرَجَةٍ، أَعَدَّهَا اللهُ لِلۡمُجَاهِدِينَ فِي سَبِيلِهِ، كُلُّ دَرَجَتَيۡنِ مَا بَيۡنَهُمَا كَمَا بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ، فَإِذَا سَأَلۡتُمُ اللهَ فَسَلُوهُ الۡفِرۡدَوۡسَ، فَإِنَّهُ أَوۡسَطُ الۡجَنَّةِ، وَأَعۡلَى الۡجَنَّةِ، وَفَوۡقَهُ عَرۡشُ الرَّحۡمٰنِ، وَمِنۡهُ تَفَجَّرُ أَنۡهَارُ الۡجَنَّةِ). [طرفه في: ٢٧٩٠].

7423. Ibrahim bin Al-Mundzir telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Fulaih menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Ayahku menceritakan kepadaku: Hilal menceritakan kepadaku dari ‘Atha` bin Yasar, dari Abu Hurairah, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

Beliau bersabda, “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menegakkan salat, dan berpuasa Ramadan, wajib bagi Allah untuk memasukkannya ke janah, baik dia berhijrah di jalan Allah atau tinggal di tanah kelahirannya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apa boleh kami beritakan kabar gembira ini kepada orang-orang?”

Beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam janah ada seratus tingkatan yang Allah siapkan untuk mujahidin di jalan Allah. Jarak antara setiap dua tingkat seperti antara langit dan bumi. Jika kalian meminta Allah, mintalah Firdaus, karena itulah janah bagian paling tengah atau paling tinggi. Di atas Firdaus ada arasy Ar-Rahman dan sungai-sungai janah memancar dari situ.”