Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3424

٣٤٢٤ - حَدَّثَنَا خَالِدُ بۡنُ مَخۡلَدٍ: حَدَّثَنَا مُغِيرَةُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (قَالَ سُلَيۡمَانُ بۡنُ دَاوُدَ: لَأَطُوفَنَّ اللَّيۡلَةَ عَلَى سَبۡعِينَ امۡرَأَةً، تَحۡمِلُ كُلُّ امۡرَأَةٍ فَارِسًا يُجَاهِدُ فِي سَبِيلِ اللهِ، فَقَالَ لَهُ صَاحِبُهُ: إِنۡ شَاءَ اللهُ، فَلَمۡ يَقُلۡ، وَلَمۡ تَحۡمِلۡ شَيۡئًا إِلَّا وَاحِدًا سَاقِطًا إِحۡدَى شِقَّيۡهِ). فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَوۡ قَالَهَا لَجَاهَدُوا فِي سَبِيلِ اللهِ). قَالَ شُعَيۡبٌ وَابۡنُ أَبِي الزِّنَادِ: (تِسۡعِينَ) وَهُوَ أَصَحُّ. [طرفه في: ٢٨١٩].

3424. Khalid bin Makhlad telah menceritakan kepada kami: Mughirah bin ‘Abdurrahman menceritakan kepada kami dari Abu Az-Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda:

Sulaiman bin Dawud berkata, “Aku malam ini sungguh akan berkeliling ke tujuh puluh wanita, lalu setiap mereka akan mengandung seorang penunggang kuda yang berjihad di jalan Allah.”

Sahabatnya berkata kepadanya, “(Katakan,) insya Allah!”

Namun beliau tidak mengucapkan insya Allah. Tidak ada seorang di antara mereka yang hamil kecuali seorang wanita yang melahirkan separuh bayi laki-laki.

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Andai beliau mengucapkan insya Allah, niscaya anak-anaknya akan (terlahir dan) berjihad di jalan Allah.”

Syu’aib dan Ibnu Abu Az-Zinad berkata, “Sembilan puluh,” dan riwayat ini lebih sahih.