Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 636

٢١ – بَابٌ لَا يَسۡعَى إِلَى الصَّلَاةِ، وَلۡيَأۡتِ بِالسَّكِينَةِ وَالۡوَقَارِ 

21. Bab tidak terburu-buru menuju shalat dan hendaknya datang dengan tenang 

وَقَالَ: (مَا أَدۡرَكۡتُمۡ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمۡ فَأَتِمُّوا). قَالَهُ أَبُو قَتَادَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. 
Beliau berkata: Apa yang kalian dapati, maka shalatlah kalian. Dan apa yang kalian luput darinya, maka sempurnakanlah. Abu Qatadah mengucapkannya dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
٦٣٦ – حَدَّثَنَا آدَمُ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي ذِئۡبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الزُّهۡرِيُّ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيَّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَعَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنِ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (إِذَا سَمِعۡتُمُ الۡإِقَامَةَ فَامۡشُوا إِلَى الصَّلَاةِ، وَعَلَيۡكُمۡ بِالسَّكِينَةِ وَالۡوَقَارِ، وَلَا تُسۡرِعُوا، فَمَا أَدۡرَكۡتُمۡ فَصَلُّوا، وَمَا فَاتَكُمۡ فَأَتِمُّوا). [الحديث ٦٣٦ – طرفه في: ٩٠٨]. 
636. Adam telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ibnu Abu Dzi`b menceritakan kepada kami, beliau berkata: Az-Zuhri menceritakan kepada kami, dari Sa'id ibnul Musayyab, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan dari Az-Zuhri pula, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika kalian mendengar iqamah, maka berjalanlah mendatangi shalat dan kalian wajib untuk tenang dan tidak mempercepat jalan. Apa-apa yang kalian dapati, maka shalatlah kalian (bersama imam). Dan apa-apa yang kalian luput darinya, sempurnakanlah (setelah imam salam).”