Cari Blog Ini

Kufah Riwayatmu Kini

Kota Kufah terletak 170 km di selatan Baghdad, Irak, di lembah sungai Eufrat. Kota Kufah termasuk kota dengan peradaban tertua. Awalnya, wilayah itu didiami bangsa Mesopotamia. Ketika Kerajaan Sassanid berkuasa Kufah merupakan bagian dari Provinsi Suristan.

Pada masa kepemimpinan Umar bin Khattab, pasukan Muslim yang dipimpin Sa’ad bin Abi Waqqash berhasil mengalahkan kerajaan Romawi dan Bizantium dalam Perang Yarmuk pada 636 M. Setahun kemudian, Irak jatuh ke tangan tentara Muslim. Kota pertama yang dibangun tentara Muslim adalah Kufah dan Basra.

Beberapa sahabat Rasulullah yang bermukim di Kufah itu antara lain; Ibnu Abi Waqqash, Abu Musa al Asyari, Ali bin Abi Thalib, Abdullah bin Mas’ud, Salman, Ammar ibnu Yasir, serta Huzaifah bin Yaman. Ketika menjadi khalifah, Ali bin Abi Thalib pernah memindahkan ibukota dari Madinah ke Kufah.

Di Kufah juga terlahir imam madzhab yang pertama, yaitu Imam Abu Hanifah. Di kota ini pula Ali bin Abi Thalib dibunuh oleh Ibnu Muljam. Dalam perkembangannya hingga kini, kota Kufah sangat kental dengan agama Syiah. [Ristyandani]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 32 volume 3 1435 H/ 2013 M, rubrik Ensiklopedi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar