Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5783

١- بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: قُلۡ مَنۡ حَرَّمَ زِينَةَ اللهِ الَّتِي أَخۡرَجَ لِعِبَادِهِ

1. Bab firman Allah ta'ala, “Katakanlah: Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah Dia keluarkan untuk hamba-hambaNya”

وَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (كُلُوا وَاشۡرَبُوا وَالۡبَسُوا وَتَصَدَّقُوا، فِي غَيۡرِ إِسۡرَافٍ وَلَا مَخِيلَةٍ). وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: كُلۡ مَا شِئۡتَ وَالۡبَسۡ مَا شِئۡتَ، مَا أَخۡطَأَتۡكَ اثۡنَتَانِ: سَرَفٌ أَوۡ مَخِيلَةٌ.
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Makanlah, minumlah, berpakaianlah, dan bersedekahlah kalian tanpa berlebih-lebihan dan sombong.” Ibnu 'Abbas berkata: Makanlah yang engkau sukai dan berpakaianlah yang engkau sukai. Dua hal yang menyebabkan engkau bersalah adalah berlebih-lebihan dan sombong.
٥٧٨٣ – حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ قَالَ: حَدَّثَنِي مَالِكٌ، عَنۡ نَافِعٍ، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ دِينَارٍ، وَزَيۡدِ بۡنِ أَسۡلَمَ: يُخۡبِرُونَهُ عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا يَنۡظُرُ اللهُ إِلَى مَنۡ جَرَّ ثَوۡبَهُ خُيَلَاءَ). [طرفه في: ٣٦٦٥].
5783. Isma'il telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Malik menceritakan kepadaku, dari Nafi', 'Abdullah bin Dinar, dan Zaid bin Aslam: Mereka mengabarkannya dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhuma: Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan memandang orang yang menyeret pakaiannya dengan sombong.”