Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1901

٦ – بَابُ مَنۡ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا وَنِيَّةً

6. Bab siapa saja yang berpuasa Ramadan karena iman, mengharap pahala, dan niat

وَقَالَتۡ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ: (يُبۡعَثُونَ عَلَى نِيَّاتِهِمۡ).
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Mereka akan dibangkitkan sesuai niat-niat mereka.”
١٩٠١ – حَدَّثَنَا مُسۡلِمُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ لَيۡلَةَ الۡقَدۡرِ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ، وَمَنۡ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). [طرفه في: ٣٥].
1901. Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: Hisyam menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa saja yang salat pada malam lailatul qadr karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan siapa saja yang berpuasa Ramadan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.”