Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1938

٣٢ – بَابُ الۡحِجَامَةِ وَالۡقَيۡءِ لِلصَّائِمِ

32. Bab bekam dan muntah bagi orang yang berpuasa

وَقَالَ لِي يَحۡيَى بۡنُ صَالِحٍ: حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بۡنُ سَلَّامٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ عُمَرَ بۡنِ الۡحَكَمِ بۡنِ ثَوۡبَانَ: سَمِعَ أَبَا هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: إِذَا قَاءَ فَلَا يُفۡطِرُ، إِنَّمَا يُخۡرِجُ وَلَا يُولِجُ. وَيُذۡكَرُ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ أَنَّهُ يُفۡطِرُ، وَالۡأَوَّلُ أَصَحُّ. وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ وَعِكۡرِمَةُ: الصَّوۡمُ مِمَّا دَخَلَ وَلَيۡسَ مِمَّا خَرَجَ. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَحۡتَجِمُ وَهُوَ صَائِمٌ، ثُمَّ تَرَكَهُ، فَكَانَ يَحۡتَجِمُ بِاللَّيۡلِ. وَاحۡتَجَمَ أَبُو مُوسَى لَيۡلًا. وَيُذۡكَرُ عَنۡ سَعۡدٍ وَزَيۡدِ بۡنِ أَرۡقَمَ وَأُمِّ سَلَمَةَ: احۡتَجَمُوا صِيَامًا. وَقَالَ بُكَيۡرٌ عَنۡ أُمِّ عَلۡقَمَةَ: كُنَّا نَحۡتَجِمُ عِنۡدَ عَائِشَةَ فَلَا تَنۡهَى. وَيُرۡوَى عَنِ الۡحَسَنِ عَنۡ غَيۡرِ وَاحِدٍ مَرۡفُوعًا: فَقَالَ: (أَفۡطَرَ الۡحَاجِمُ وَالۡمَحۡجُومُ). وَقَالَ لِي عَيَّاشٌ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡأَعۡلَى: حَدَّثَنَا يُونُسُ، عَنِ الۡحَسَنِ، مِثۡلَهُ. قِيلَ لَهُ: عَنِ النَّبِيِّ ﷺ؟ قَالَ: نَعَمۡ، ثُمَّ قَالَ: اللهُ أَعۡلَمُ.
Yahya bin Shalih mengatakan kepadaku: Mu’awiyah bin Sallam menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami, dari ‘Umar bin Al-Hakam bin Tsauban: Beliau mendengar Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Apabila ada yang muntah, maka ia tidak batal puasanya. Karena muntah itu mengeluarkan dan tidak memasukkan. Disebutkan dari Abu Hurairah bahwa muntah membatalkan puasa. Namun riwayat yang awal lebih sahih. Ibnu ‘Abbas dan ‘Ikrimah mengatakan: Puasa itu menahan dari apa yang masuk bukan dari apa yang keluar. Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma dulu pernah berbekam ketika puasa lalu beliau meninggalkannya. Lalu beliau melakukan bekam pada malam hari. Abu Musa juga berbekam pada malam hari. Disebutkan dari Sa’d, Zaid bin Arqam, dan Ummu Salamah bahwa mereka berbekam dalam keadaan berpuasa. Bukair mengatakan dari Ummu ‘Alqamah: Kami pernah berbekam di sisi ‘Aisyah dan beliau tidak melarang. Diriwayatkan dari Al-Hasan dari lebih satu orang secara marfu’, beliau bersabda, “Orang yang membekam dan dibekam batal puasanya.” ‘Ayyasy mengatakan kepadaku: ‘Abdul A’la menceritakan kepada kami: Yunus menceritakan kepada kami, dari Al-Hasan semisal riwayat tersebut. Ditanyakan kepada beliau: Ini dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Beliau menjawab, “Iya.” Kemudian beliau mengatakan: Allahu a’lam.
١٩٣٨ – حَدَّثَنَا مُعَلَّى بۡنُ أَسَدٍ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ احۡتَجَمَ وَهُوَ مُحۡرِمٌ، وَاحۡتَجَمَ وَهُوَ صَائِمٌ. [طرفه في: ١٨٣٥].
1938. Mu’alla bin Asad telah menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berbekam dalam keadaan berihram dan beliau pernah berbekam dalam keadaan berpuasa.