Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1576, 1577, dan 1578

٤١ – بَابٌ مِنۡ أَيۡنَ يَخۡرُجُ مِنۡ مَكَّةَ
41. Bab dari mana keluar dari Makkah

١٥٧٦ – حَدَّثَنَا مُسَدَّدُ بۡنُ مُسَرۡهَدٍ الۡبَصۡرِيُّ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ دَخَلَ مَكَّةَ مِنۡ كَدَاءٍ، مِنَ الثَّنِيَّةِ الۡعُلۡيَا الَّتِي بِالۡبَطۡحَاءِ، وَيَخۡرُجُ مِنَ الثَّنِيَّةِ السُّفۡلَى. قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: كَانَ يُقَالُ: هُوَ مُسَدَّدٌ كَاسۡمِهِ، قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: سَمِعۡتُ يَحۡيَى بۡنَ مَعِينٍ يَقُولُ: سَمِعۡتُ يَحۡيَى بۡنَ سَعِيدٍ يَقُولُ: لَوۡ أَنَّ مُسَدَّدًا أَتَيۡتُهُ فِي بَيۡتِهِ فَحَدَّثۡتُهُ لَاسۡتَحَقَّ ذٰلِكَ، وَمَا أُبَالِي كُتُبِي كَانَتۡ عِنۡدِي أَوۡ عِنۡدَ مُسَدَّدٍ. [طرفه في: ١٥٧٥].
1576. Musaddad bin Musarhad Al-Bashri telah menceritakan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami, dari ‘Ubaidullah, dari Nafi’, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke Makkah dari gunung Kada`dari jalan gunung yang tinggi yang berada di Bathha` dan beliau keluar dari jalan gunung yang rendah. Abu ‘Abdullah mengatakan: Dulu ada yang berkata: Dia adalah Musaddad (orang yang cermat), sesuai namanya. Abu ‘Abdullah mengatakan: Aku mendengar Yahya bin Ma’in mengatakan: Aku mendengar Yahya bin Sa’id mengatakan: Kalaulah aku yang mendatangi Musaddad di rumahnya, lalu aku menceritakan hadis kepadanya, tentu dia berhak untuk itu. Dan aku tidak peduli kitab-kitabku ada padaku atau pada Musaddad.
١٥٧٧ – حَدَّثَنَا الۡحُمَيۡدِيُّ وَمُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى قَالَا: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ لَمَّا جَاءَ إِلَى مَكَّةَ، دَخَلَ مِنۡ أَعۡلَاهَا، وَخَرَجَ مِنۡ أَسۡفَلِهَا. [الحديث ١٥٧٧ – أطرافه في: ١٥٧٨، ١٥٧٩، ١٥٨٠، ١٥٨١، ٤٢٩٠، ٤٢٩١].
1577. Al-Humaidi dan Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami, keduanya mengatakan: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika datang ke Makkah, beliau masuk dari tempat yang paling tinggi dan keluar dari tempat yang paling rendah.
١٥٧٨ – حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ الۡمَرۡوَزِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ: حَدَّثَنَا هِشَامُ بۡنُ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ دَخَلَ عَامَ الۡفَتۡحِ مِنۡ كَدَاءٍ، وَخَرَجَ مِنۡ كُدًا مِنۡ أَعۡلَى مَكَّةَ. [طرفه في: ١٥٧٧].
1578. Mahmud bin Ghailan Al-Marwazi telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami: Hisyam bin ‘Urwah menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha: Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun Fathu Makkah masuk dari gunung Kada` dan keluar dari gunung Kuda dari tempat tertinggi di Makkah.