Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 918

٢ - بَابُ مَا يُقَالُ عِنۡدَ الۡمُصِيبَةِ
2. Bab apa yang diucapkan ketika tertimpa musibah

٣ - (٩١٨) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ أَيُّوبَ وَقُتَيۡبَةُ وَابۡنُ حُجۡرٍ. جَمِيعًا عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ جَعۡفَرٍ. قَالَ ابۡنُ أَيُّوبَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ: أَخۡبَرَنِي سَعۡدُ بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ عُمَرَ بۡنِ كَثِيرِ بۡنِ أَفۡلَحَ، عَنۡ ابۡنِ سَفِينَةَ، عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ؛ أَنَّهَا قَالَتۡ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (مَا مِنۡ مُسۡلِمٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ مَا أَمَرَهُ اللهُ: ﴿إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيۡهِ رَاجِعُونَ﴾ [البقرة: ١٥٦] اللّٰهُمَّ أۡجُرۡنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخۡلِفۡ لِي خَيۡرًا مِنۡهَا، إِلَّا أَخۡلَفَ اللهُ لَهُ خَيۡرًا مِنۡهَا).
قَالَتۡ: فَلَمَّا مَاتَ أَبُو سَلَمَةَ قُلۡتُ: أَيُّ الۡمُسۡلِمِينَ خَيۡرٌ مِنۡ أَبِي سَلَمَةَ؟ أَوَّلُ بَيۡتٍ هَاجَرَ إِلَىٰ رَسُولِ اللهِ ﷺ. ثُمَّ إِنِّي قُلۡتُهَا، فَأَخۡلَفَ اللهُ لِي رَسُولَ اللهِ ﷺ.
قَالَتۡ: أَرۡسَلَ إِلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ حَاطِبَ بۡنَ أَبِي بَلۡتَعَةَ يَخۡطُبُنِي لَهُ، فَقُلۡتُ: إِنَّ لِي بِنۡتًا وَأَنَا غَيُورٌ. فَقَالَ: (أَمَّا ابۡنَتُهَا فَنَدۡعُو اللهَ أَنۡ يُغۡنِيَهَا عَنۡهَا، وَأَدۡعُو اللهَ أَنۡ يَذۡهَبَ بِالۡغَيۡرَةِ).
3. (918). Yahya bin Ayyub, Qutaibah, dan Ibnu Hujr telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Isma’il bin Ja’far. Ibnu Ayyub berkata: Isma’il menceritakan kepada kami: Sa’d bin Sa’id mengabarkan kepadaku, dari ‘Umar bin Katsir bin Aflah, dari Ibnu Safinah, dari Ummu Salamah; Bahwa beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim pun yang tertimpa suatu musibah, lalu ia mengucapkan perkataan yang diperintahkan oleh Allah:
Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya. (QS. Al-Baqarah: 156). Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku dan gantilah aku dengan yang lebih baik daripadanya.
Kecuali Allah akan menggantikan untuknya yang lebih baik daripadanya.”
Ummu Salamah mengatakan: Ketika Abu Salamah meninggal, aku berkata: Muslim mana yang lebih baik daripada Abu Salamah? Beliau orang pertama yang hijrah sekeluarga kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian aku tetap mengatakan ucapan tersebut, lalu Allah memberi aku ganti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Ummu Salamah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus Hathib bin Abu Balta’ah kepadaku melamarku untuk beliau. Aku berkata: Sesungguhnya aku memiliki seorang putri dan aku ini seorang yang sangat pencemburu. Nabi bersabda, “Adapun putrinya, maka kami akan berdoa kepada Allah agar mencukupi kebutuhan putrinya dan aku berdoa kepada Allah agar watak cemburunya hilang.”
٤ - (...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ سَعِيدٍ، قَالَ: أَخۡبَرَنِي عُمَرُ بۡنُ كَثِيرِ بۡنِ أَفۡلَحَ. قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ سَفِينَةَ يُحَدِّثُ؛ أَنَّهُ سَمِعَ أُمَّ سَلَمَةَ زَوۡجَ النَّبِيِّ ﷺ تَقُولُ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (مَا مِنۡ عَبۡدٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ: ﴿إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيۡهِ رَاجِعُونَ﴾، اللّٰهُمَّ أۡجُرۡنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخۡلِفۡ لِي خَيۡرًا مِنۡهَا، إِلَّا أَجَرَهُ اللهُ فِي مُصِيبَتِهِ، وَأَخۡلَفَ لَهُ خَيۡرًا مِنۡهَا).
قَالَتۡ: فَلَمَّا تُوُفِّيَ أَبُو سَلَمَةَ قُلۡتُ كَمَا أَمَرَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَأَخۡلَفَ اللهُ لِي خَيۡرًا مِنۡهُ: رَسُولَ اللهِ ﷺ.
4. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Abu Salamah menceritakan kepada kami, dari Sa’d bin Sa’id, beliau berkata: ‘Umar bin Katsir bin Aflah mengabarkan kepadaku. Beliau berkata: Aku mendengar Ibnu Safinah menceritakan; Bahwa beliau mendengar Ummu Salamah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang hamba pun yang tertimpa suatu musibah, lalu ia mengatakan:
Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku dan gantikan untukku dengan yang lebih baik daripadanya.
Kecuali Allah akan memberinya pahala dalam musibahnya dan Allah ganti untuknya dengan yang lebih baik daripadanya.”
Ummu Salamah mengatakan: Ketika Abu Salamah wafat, aku mengucapkan sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Allah menggantikan untukku dengan yang lebih baik daripada Abu Salamah, yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
٥ - (...) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ نُمَيۡرٍ: حَدَّثَنَا أَبِي: حَدَّثَنَا سَعۡدُ بۡنُ سَعِيدٍ: أَخۡبَرَنِي عُمَرُ - يَعۡنِي ابۡنَ كَثِيرٍ - عَنِ ابۡنِ سَفِينَةَ، مَوۡلَىٰ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنۡ أُمِّ سَلَمَةَ زَوۡجِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَتۡ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ بِمِثۡلِ حَدِيثِ أَبِي أُسَامَةَ.
وَزَادَ: قَالَتۡ: فَلَمَّا تُوُفِّيَ أَبُو سَلَمَةَ قُلۡتُ: مَنۡ خَيۡرٌ مِنۡ أَبِي سَلَمَةَ صَاحِبِ رَسُولِ اللهِ ﷺ؟ ثُمَّ عَزَمَ اللهُ لِي فَقُلۡتُهَا. قَالَتۡ: فَتَزَوَّجۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ.
5. Muhammad bin ‘Abdullah bin Numair telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami: Sa’d bin Sa’id menceritakan kepada kami: ‘Umar bin Katsir mengabarkan kepadaku dari Ibnu Safinah maula Ummu Salamah, dari Ummu Salamah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda semisal hadis Abu Usamah.
Beliau menambahkan: Ummu Salamah mengatakan: Ketika Abu Salamah wafat, aku berkata: Siapa yang lebih baik daripada Abu Salamah, seorang sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam? Kemudian Allah membulatkan tekadku sehingga aku mengucapkan doa tersebut. Ummu Salamah mengatakan: Lalu aku pun bersuami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.