Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1084 dan 1085

٣ - بَابُ مَا جَاءَ إِذَا جَاءَكُمۡ مَنۡ تَرۡضَوۡنَ دِينَهُ فَزَوِّجُوهُ
3. Bab tentang apabila ada orang yang kalian ridai agamanya datang kepada kalian maka nikahkanlah ia

١٠٨٤ – (حسن صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡحَمِيدِ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنِ ابۡنِ عَجۡلَانَ، عَنِ ابۡنِ وَثِيمَةَ النَّصۡرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِذَا خَطَبَ إِلَيۡكُمۡ مَنۡ تَرۡضَوۡنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ، فَزَوِّجُوهُ، إِلَّا تَفۡعَلُوا تَكُنۡ فِتۡنَةٌ فِي الۡأَرۡضِ، وَفَسَادٌ عَرِيضٌ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي حَاتِمٍ الۡمُزَنِيِّ، وَعَائِشَةَ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَدۡ خُولِفَ عَبۡدُ الۡحَمِيدِ بۡنُ سُلَيۡمَانَ فِي هَٰذَا الۡحَدِيثِ، وَرَوَاهُ اللَّيۡثُ بۡنُ سَعۡدٍ عَنِ ابۡنِ عَجۡلَانَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ مُرۡسَلًا. قَالَ مُحَمَّدٌ: وَحَدِيثُ اللَّيۡثِ أَشۡبَهُ، وَلَمۡ يَعُدَّ حَدِيثَ عَبۡدِ الۡحَمِيدِ مَحۡفُوظًا. [(الإرواء)(١٨٦٨)، (الصحيحة)(١٠٢٢): (المشكاة)(٢٥٧٩)].
1084. Qutaibah telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: ‘Abdul Hamid bin Sulaiman menceritakan kepada kami, dari Ibnu ‘Ajlah, dari Ibnu Watsimah An-Nashri, dari Abu Hurairah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila ada orang yang kalian ridai agama dan akhlaknya datang kepada kalian untuk melamar, maka nikahkanlah ia. Jika kalian tidak lakukan, akan terjadi cobaan di bumi dan kerusakan yang besar.” Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Hatim Al-Muzani dan ‘Aisyah. Tentang hadis Abu Hurairah, ‘Abdul Hamid bin Sulaiman diperselisihkan dalam hadis ini. Al-Laits bin Sa’d meriwayatkannya dari Ibnu ‘Ajlan, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara mursal. Muhammad berkata: Dan hadis Al-Laits lebih menyerupai dan beliau tidak menilai hadis ‘Abdul Hamid sebagai mahfuzh.
١٠٨٥ – (حسن بما قبله) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَمۡرٍو السَّوَّاقُ الۡبَلۡخِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا حَاتِمُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ هُرۡمُزَ، عَنۡ مُحَمَّدٍ وَسَعِيدٍ ابۡنَيۡ عُبَيۡدٍ، عَنۡ أَبِي حَاتِمٍ الۡمُزَنِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ: (إِذَا جَاءَكُمۡ مَنۡ تَرۡضَوۡنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَأَنۡكِحُوهُ إِلَّا تَفۡعَلُوا تَكُنۡ فِتۡنَةٌ فِي الۡأَرۡضِ وَفَسَادٌ). قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ وَإِنۡ كَانَ فِيهِ؟ قَالَ: (إِذَا جَاءَكُمۡ مَنۡ تَرۡضَوۡنَ دِينَهُ وَخُلُقَهُ فَأَنۡكِحُوهُ) ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ، وَأَبُو حَاتِمٍ الۡمُزَنِيُّ لَهُ صُحۡبَةٌ، وَلَا نَعۡرِفُ لَهُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ غَيۡرَ هَٰذَا الۡحَدِيثِ.
1085. Muhammad bin ‘Amr As-Sawwaq Al-Balkhi telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Hatim bin Isma’il menceritakan kepada kami, dari ‘Abdullah bin Hurmuz, dari Muhammad dan Sa’id dua putra ‘Ubaid, dari Abu Hatim Al-Muzani, beliau berkata: Rasulullah bersabda, “Apabila ada orang yang kalian ridai agama dan akhlaknya datang kepada kalian, maka nikahkanlah ia. Jika tidak kalian lakukan, akan terjadi cobaan di bumi dan kerusakan.” Mereka berkata: Wahai Rasulullah, walaupun ia kurang mampu? Beliau bersabda, “Jika ada orang yang kalian ridai agama dan akhlaknya datang kepada kalian, maka nikahkanlah ia.” Sebanyak tiga kali. Ini adalah hadis hasan garib. Abu Hatim Al-Muzani memiliki hubungan persahabatan dengan Nabi dan kami tidak mengetahui beliau memiliki riwayat dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selain hadis ini.