Cari Blog Ini

Sunan An-Nasa`i hadits nomor 2281 dan 2282

٢٢٨١ – (صحيح بما قبله) أَخۡبَرَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الۡكَرِيمِ قَالَ: حَدَّثَنَا سَهۡلُ بۡنُ بَكَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ عَنۡ هَانِىءِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: كُنۡتُ مُسَافِرًا، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ وَهُوَ يَأۡكُلُ، وَأَنَا صَائِمٌ، فَقَالَ: (هَلُمَّ)، قُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ، قَالَ: (أَتَدۡرِي مَا وَضَعَ اللهُ عَنِ الۡمُسَافِرِ؟)، قُلۡتُ: وَمَا وَضَعَ اللهُ عَنِ الۡمُسَافِرِ؟! قَالَ: (الصَّوۡمَ وَشَطۡرَ الصَّلَاةِ).
2281. ‘Ubaidullah bin ‘Abdul Karim telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Sahl bin Bakkar menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami dari Abu Bisyr, dari Hani` bin ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir, dari ayahnya, beliau berkata: Aku pernah melakukan safar, lalu aku datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sementara beliau sedang makan dan aku berpuasa.
Beliau bersabda, “Mari!”
Aku berkata, “Sesungguhnya aku berpuasa.”
Beliau bersabda, “Apakah engkau tahu apa yang Allah gugurkan dari seorang musafir?”
Aku bertanya, “Apa yang Allah gugurkan dari seorang musafir?”
Beliau bersabda, “Puasa dan separuh salat.”
٢٢٨٢ – (صحيح أيضًا) أَخۡبَرَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ قَالَ: أَنۡبَأَنَا إِسۡرَائِيلُ عَنۡ مُوسَى هُوَ ابۡنُ أَبِي عَائِشَةَ عَنۡ غَيۡلَانَ، قَالَ: خَرَجۡتُ مَعَ أَبِي قِلَابَةَ فِي سَفَرٍ، فَقَرَّبَ طَعَامًا، فَقُلۡتُ: إِنِّي صَائِمٌ! فَقَالَ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ خَرَجَ فِي سَفَرٍ فَقَرَّبَ طَعَامًا، فَقَالَ لِرَجُلٍ: (ادۡنُ فَاطۡعَمۡ)، قَالَ: إِنِّي صَائِمٌ! قَالَ: (إِنَّ اللهَ وَضَعَ عَنِ الۡمُسَافِرِ نِصۡفَ الصَّلَاةِ وَالصِّيَامَ فِي السَّفَرِ؛ فَادۡنُ فَاطۡعَمۡ)، فَدَنَوۡتُ فَطَعِمۡتُ.
2282. Ahmad bin Sulaiman telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Ubaidullah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Isra`il memberitakan kepada kami dari Musa bin Abu ‘Aisyah, dari Ghailan, beliau berkata: Aku pernah keluar bersama Abu Qilabah dari suatu perjalanan, lalu beliau mendekatkan suatu makanan. Aku berkata: Sesungguhnya aku berpuasa. Beliau mengatakan: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar di suatu perjalanan, lalu beliau mendekatkan suatu makanan. Beliau bersabda kepada seseorang, “Mendekat dan makanlah!” Orang itu berkata: Sesungguhnya aku berpuasa. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah menggugurkan separuh salat dan puasa dari musafir ketika safar. Jadi mendekat dan makanlah!” Maka aku pun mendekat dan makan.