Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 86

٨٦ - حَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ قَالَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنۡ فَاطِمَةَ، عَنۡ أَسۡمَاءَ قَالَتۡ: أَتَيۡتُ عَائِشَةَ وَهِيَ تُصَلِّي، فَقُلۡتُ: مَا شَأۡنُ النَّاسِ؟ فَأَشَارَتۡ إِلَى السَّمَاءِ، فَإِذَا النَّاسُ قِيَامٌ، فَقَالَتۡ: سُبۡحَانَ اللهِ، قُلۡتُ: آيَةٌ؟ فَأَشَارَتۡ بِرَأۡسِهَا: أَيۡ نَعَمۡ، فَقُمۡتُ حَتَّى تَجَلَّانِي الۡغَشۡيُ، فَجَعَلۡتُ أَصُبُّ عَلَى رَأۡسِي الۡمَاءَ، فَحَمِدَ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ النَّبِيُّ ﷺ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ، ثُمَّ قَالَ: (مَا مِنۡ شَيۡءٍ لَمۡ أَكُنۡ أُرِيتُهُ إِلَّا رَأَيۡتُهُ فِي مَقَامِي، حَتَّى الۡجَنَّةُ وَالنَّارُ، فَأُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّكُمۡ تُفۡتَنُونَ فِي قُبُورِكُمۡ مِثۡلَ - أَوۡ قَرِيبَ، لَا أَدۡرِي أَيَّ ذٰلِكَ قَالَتۡ أَسۡمَاءُ - مِنۡ فِتۡنَةِ الۡمَسِيحِ الدَّجَّالِ، يُقَالُ مَا عِلۡمُكَ بِهَٰذَا الرَّجُلِ؟ فَأَمَّا الۡمُؤۡمِنُ - أَوِ الۡمُوقِنُ، لَا أَدۡرِي بِأَيِّهِمَا قَالَتۡ أَسۡمَاءُ - فَيَقُولُ: هُوَ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ جَاءَنَا بِالۡبَيِّنَاتِ وَالۡهُدَى، فَأَجَبۡنَا وَاتَّبَعۡنَا، هُوَ مُحَمَّدٌ ثَلاَثًا، فَيُقَالُ: نَمۡ صَالِحًا، قَدۡ عَلِمۡنَا إِنۡ كُنۡتَ لَمُوقِنًا بِهِ، وَأَمَّا الۡمُنَافِقُ أَوِ الۡمُرۡتَابُ - لَا أَدۡرِي أَيَّ ذٰلِكَ قَالَتۡ أَسۡمَاءُ - فَيَقُولُ: لَا أَدۡرِي، سَمِعۡتُ النَّاسَ يَقُولُونَ شَيۡئًا فَقُلۡتُهُ).
[الحديث ٨٦ – أطرافه في: ١٨٤، ٩٢٢، ١٠٥٣، ١٠٥٤، ١٠٦١، ١٢٣٥، ١٣٧٣، ٢٥١٩، ٢٥٢٠، ٧٢٨٧].
86. Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Wuhaib menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hisyam menceritakan kepada kami dari Fathimah, dari Asma`. Beliau berkata: Aku datang kepada ‘Aisyah ketika dia sedang salat. Aku bertanya: Kenapa orang-orang? ‘Aisyah memberi isyarat ke arah langit, ternyata orang-orang sedang berdiri salat. ‘Aisyah berkata: Mahasuci Allah. Aku bertanya: Apakah ini suatu tanda? ‘Aisyah memberi isyarat dengan kepalanya membenarkan. Lalu aku berdiri untuk salat sampai hampir pingsan. Maka, aku menuangkan air ke kepalaku. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji dan menyanjung Allah azza wajalla kemudian bersabda, “Tidak ada sesuatupun yang belum pernah aku lihat kecuali aku telah melihatnya di tempatku ini. Sampai-sampai surga dan neraka. Dan diwahyukan kepadaku bahwa kalian akan diuji di kubur-kubur kalian semisal—atau mendekati, aku tidak tahu di antara itu yang dikatakan oleh Asma`—ujian Al-Masih Ad-Dajjal. Nanti akan ditanya apa yang engkau ketahui tentang lelaki (yaitu Nabi Muhammad) ini. Adapun seorang mukmin—atau orang yang yakin, aku tidak mengetahui di antara dua ini yang dikatakan oleh Asma`—, maka dia akan berkata: Dia adalah Muhammad Rasulullah yang datang membawa bukti-bukti nyata dan petunjuk, lalu kami memenuhi ajakannya dan mengikutinya. Dia adalah Muhammad. Itu diucapkan tiga kali. Maka, akan ada yang berkata: Tidurlah dengan nyaman, kami telah mengetahui bahwa engkau yakin terhadapnya. Adapun orang munafik atau orang yang ragu—aku tidak tahu yang mana yang dikatakan oleh Asma`—maka ia akan mengatakan: Aku tidak tahu, aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, lalu aku ikut mengatakannya.”