Cari Blog Ini

Pembela Sunnah dari Negeri Timur

Adalah sunnah para nabi dan Rasul rihlah untuk mencari dan menyebarkan ilmu. Sunnah ini dilanjutkan oleh para pewaris mulia para ulama pembela agama Allah. Pada tahun 161 H di negeri timur, lahirlah anak laki-laki dalam keadaan kedua daun telinganya berlubang. 

Sang ayah merasa aneh dengan pemandangan ini, dia pun bergegas menemui seseorang yang bernama Al Fadhl bin Musa untuk menanyakan kejadian itu. Al Fadhl menafsirkan bahwa anak itu akan menjadi tokoh. Bisa jadi tokoh kebaikan atau tokoh kejahatan. 

Namun Allah menentukan kebaikan untuk anak ini. Pada tahun 184 H pada usianya yang ke 23 dia keluar ke negeri Irak untuk menuntut ilmu. Dan terus berpindah dari satu negeri ke negeri yang lain. Dari Khurasan, Irak, Hijaz, Yaman, hingga negeri Syam. 

Beliau mengambil ilmu dari banyak ulama besar di masa itu. Di antara guru-guru beliau adalah Imam Abdurrahman bin Mahdi, Imam Waki’ bin Al Jarrah, Imam Sufyan bin Uyainah, Imam Abdu Razaq, dan masih banyak lagi. 

Beliau dianugerahi kecerdasan dan kekuatan hafalan yang luar biasa. Imam Ibnu Khuzaimah berkata, “Seandainya beliau hidup di masa tabiin, mereka akan mengakui bagaimana kekuatan hafalan beliau, keilmuan, dan fikihnya.” 

Beliau pernah berkata, “Tidaklah aku mendengar sesuatu melainkan aku langsung menghafalnya. Dan (ketika aku menyampaikan hadis) seakan-akan aku melihat lebih dari tujuh puluh ribu hadis dalam kitabku.” 

Beliau juga pernah berkata, “Tidaklah aku mendengar sesuatu melainkan aku langsung menghafalnya. Bila aku sudah menghafalnya aku tidak pernah melupakannya.” 

Berkata Abu Dawud Al Khaffaaf rahimahullah, “Beliau pernah mendiktekan sebelas ribu hadis kepada kami dari hafalannya. Kemudian beliau membacakannya lagi kepada kami. Tidak ada yang berubah dari semua hadis itu walaupun satu huruf.” 

Sang Amir Abdullah bin Thahir pernah bertanya kepada beliau tentang hafalannya, dia berkata, “Aku mendengar kalau engkau suka makan buah Balaadzur untuk memperkuat hafalan?” (Balaadzur adalah buah yang di dalamnya terdapat sesuatu mirip darah, bagian itulah yang dimakan.pen) Beliau menjawab, “Aku tidak memakannya, tapi aku mendapat resep dari Mu’tamir bin Sulaiman rahimahullah beliau membawakan sanad sampai Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkata, “Ambillah seukuran satu setengah dirham kundur (getah sebuah pohon, seperti karet) dan ambillah gula dengan takaran yang sama. Campurlah keduanya lumatlah dengan liurmu. Karena itu bagus untuk hafalan dan masalah kencing.” Mendengar resep ini Abdullah bin Thahir minta diambilkan kertas, kemudian dia menulis resep ini. 

Berkata Ibrahim bin Abi Thalib Al Hafizh rahimahullah, “Terluput dariku satu majelis bersama beliau pada materi musnad. Beliau biasa menyampaikan musnadnya dari hafalan. Aku beberapa kali menemui beliau agar mau mengulangi kajian majelis tersebut untukku. Beliau minta udzur belum bisa memenuhi permintaanku. Suatu hari aku kembali menemui beliau seperti biasa untuk diulang. Ketika itu aku membawa biji gandum dari rustaq. Beliau pun berkata, “Pergilah, timbanglah berapa berat biji gandum ini. Bila selesai datanglah. Aku akan mengulang kajian pertemuan itu untukmu.” Aku pun menurutinya. Setelah itu aku datang. Beliau bertanya kepadaku hadis pertama yang beliau baca pada majelis tersebut. Kemudian beliau bersandar pada salah satu kusen pintu. Beliau pun mengulangi semua kajian pada majelis tersebut dari hafalannya. Dan beliau mendiktekan semua kitab musnadnya dari hafalan. Subhanallah, hafalan yang sangat menakjubkan. Karunia dari Allah bagi hamba yang dikehendakiNya. 

Beliau juga dikenal dengan keteguhan membela prinsip-prinsip Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dan mendakwahkannya. Manshur bin Thalhah rahimahullah pernah bertanya kepada beliau, “Wahai Abu Ya’qub! Engkau berkata bahwa Allah turun ke langit dunia setiap malam?” Beliau menjawab dengan tegas, “Kita mengimaninya. Bila engkau tidak beriman bahwa di atas langit ada Allah maka engkau tidak usah bertanya kepadaku tentang hal ini!” 

Berkata Muhammad bin Ahmad bin Baaluwaih rahimahullah, aku mendengar beliau bercerita, “Aku menemui Ibnu Thahir rahimahullah. Di samping beliau ada Ibrahim bin Abi Shalih. Ibnu Thahir bertanya kepada Ibrahim, “Bagaimana pendapatmu orang yang mencuci bajunya?” Dia menjawab, “Wajib.” Ibnu Thahir bertanya, “Apa dalilnya?” Dia menjawab, “Allah berfirman, “Dan bajumu sucikanlah.” [Q.S. Al Mudatsir: 4]. Seakan-akan Ibnu Thahir menganggap baik jawaban ini. 

Maka aku berkata, “Semoga Allah memuliakan Sang Amir (yakni Ibnu Thahir). Jawaban itu salah. Telah memberitakan kepadaku Waki’ dari Israil dari Simaak dari ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, “Firman Allah (dan bajumu sucikanlah) maknanya bersihkanlah hatimu.” Dan Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu juga berkata, “Barang siapa yang berkata mengenai Al Quran tanpa ilmu, siapkanlah tempat duduk di neraka.” Maka Ibnu Thahir berkata, “Wahai Ibrahim, hati-hati jangan engkau berbicara tentang Al Quran tanpa ilmu.” 

Banyak para ulama terkemuka di zaman itu yang memuji keilmuan beliau. Berkata Imam Al Hakim, “Beliau adalah imam di masanya, panutan pada hafalan dan fatwa.” Berkata Nu’aim bin Hammad, “Apabila engkau melihat orang Khurasaan mencela beliau, maka curigailah agamanya.” 

Imam Ahmad rahimahullah pernah ditanya tentang kedudukan beliau dalam ilmu. Maka Imam Ahmad berkata, “Seperti beliau masih dipertanyakan?! Beliau adalah imam kita.” Berkata Abu Hatim rahimahullah setelah mendengar bagaimana hafalan beliau, “Hafalan yang sangat menakjubkan. Kuat dan tidak ada kesalahan.” Beliau adalah Imam Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad, dikenal dengan sebutan Ibnu Rahawaih rahimahullah

Suatu hari putra beliau yang bernama Muhammad menemui Imam Ahmad. Imam Ahmad pun bertanya, “Engkau putra Abu Ya’qub?” (Abu Ya’qub adalah kunyah Imam Ibnu Rahawaih). Dia menjawab, “Betul.” Imam Ahmad berkata, “Duhai kiranya engkau bermajelis dengan ayahmu. Itu lebih berfaedah untukmu. Karena engkau tidak akan mendapati seperti beliau.” 

MasyaAllah berbagai macam pujian menghiasi keilmuan beliau. Sungguh kenikmatan yang luar biasa Allah menciptakan beliau untuk mengkhidmat terhadap Islam. 

Al Amir ‘Abdullah bin Thahir pernah bertanya kepada beliau, mengapa beliau dikenal dengan sebutan Ibnu Rahawaih (putra Rahawaih)? Apakah beliau tidak marah dipanggil dengan sebutan itu? Beliau berkata, “Wahai amir, sesungguhnya ayahku lahir di jalan Mekkah. Ada yang memanggilnya, Si Rahawaih. Karena beliau lahir di jalan. Beliau tidak suka dipanggil dengan panggilan itu. Tapi aku tidak membencinya.” 

Beliau meninggal pada malam nishfu sya’baan tahun 238 H pada usia yang ke 77 tahun. Berkata ‘Ali bin Salamah Al Karabiisy rahimahullah orang saleh di masa itu, “Pada malam meninggalnya Imam Ishaq aku melihat (dalam mimpi) rembulan naik dari bumi ke langit tepat di atas tempat liang lahad Ishaq. Kemudian rembulan itu turun, jatuh tepat di tempat yang akan dijadikan liang lahad kuburan Imam Ishaq. Ketika itu aku belum sadar bila Imam Ishaq meninggal. Keesokan harinya aku melihat penggali kuburan sedang menggali liang lahad kuburan Ishaq di tempat di mana aku melihat rembulan malam itu jatuh di atasnya.” 

Semoga Allah merahmati beliau dan semoga menempatkan beliau di surga firdaus yang mulia. Berkata Wahb bin Jarir rahimahullah, “Semoga Allah membalas Imam Ishaq, Imam Shadaqah bin Al Fadhl, dan Imam Ya’mur dengan kebaikan atas jasa mereka yang sangat besar untuk Islam. Mereka telah menghidupkan sunnah di negeri timur.” Wallahu a’lam

Disadur dari kitab Siyar A’laamun Nubalaa’ karya Imam Dzahabi rahimahullah

Sumber: Majalah Qudwah edisi 67 vol.06 1440 H rubrik Ulama. Pemateri: Al Ustadz Abu Amr As Sidawi.