Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3016

٣٠١٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، وَعَلِيُّ بۡنُ مُحَمَّدٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ أَبِي خَالِدٍ، عَنۡ عَامِرٍ، يَعۡنِي الشَّعۡبِيَّ، عَنۡ عُرۡوَةَ بۡنِ مُضَرِّسٍ الطَّائِيِّ؛ أَنَّهُ حَجَّ عَلَى عَهۡدِ رَسُولِ اللهِ ﷺ، فَلَمۡ يُدۡرِكِ النَّاسَ إِلَّا وَهُمۡ بِجَمۡعٍ، قَالَ: فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! إِنِّي أَنۡضَيۡتُ رَاحِلَتِي وَأَتۡعَبۡتُ نَفۡسِي، وَاللهِ! إِنۡ تَرَكۡتُ مِنۡ حَبۡلٍ إِلَّا وَقَفۡتُ عَلَيۡهِ، فَهَلۡ لِي مِنۡ حَجٍّ فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (مَنۡ شَهِدَ مَعَنَا الصَّلَاةَ، وَأَفَاضَ مِنۡ عَرَفَاتٍ لَيۡلًا أَوۡ نَهَارًا، فَقَدۡ قَضَى تَفَثَهُ، وَتَمَّ حَجُّهُ). [(الإرواء)(١٠٦٦)، (الروض النضير)(٦٧١)، (صحيح أبي داود)(١٧٠٤)]. 

3016. [Sahih] Abu Bakr bin Abu Syaibah dan ‘Ali bin Muhammad telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Waki’ menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isma’il bin Abu Khalid menceritakan kepada kami dari ‘Amir Asy-Sya’bi, dari ‘Urwah bin Mudharris Ath-Tha`i; Bahwa beliau telah berhaji di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau tidak mendapati orang-orang kecuali ketika mereka sudah berada di Muzdalifah. Beliau berkata: Lalu aku datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah membuat kurus tungganganku dan aku membuat letih diriku. Demi Allah, tidaklah aku tinggalkan bukit pasir kecuali aku berhenti di atasnya. Apakah aku masih mendapatkan haji?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang mengikuti salat (Subuh) bersama kami (di Muzdalifah) dan sebelumnya sudah berangkat dari Arafah pada malam atau siang hari, maka sungguh dia telah menghilangkan kotoran yang ada pada badannya dan hajinya telah sempurna.”