Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6808

٦ - بَابُ إِثۡمِ الزُّنَاةِ
6. Bab dosa para pezina


وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَلَا يَزۡنُونَ﴾ [الفرقان: ٦٨]. ﴿وَلَا تَقۡرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا﴾ [الإسراء: ٣٢]. 

Dan firman Allah taala yang artinya, “Dan mereka tidak berzina.” (QS. Al-Furqan: 68). “Janganlah kalian mendekati zina karena zina itu merupakan suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra`: 32). 

٦٨٠٨ - أَخۡبَرَنَا دَاوُدُ بۡنُ شَبِيبٍ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنۡ قَتَادَةَ: أَخۡبَرَنَا أَنَسٌ قَالَ: لَأُحَدِّثَنَّكُمۡ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمُوهُ أَحَدٌ بَعۡدِي، سَمِعۡتُهُ مِنَ النَّبِيِّ ﷺ، سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (لَا تَقُومُ السَّاعَةُ - وَإِمَّا قَالَ - مِنۡ أَشۡرَاطِ السَّاعَةِ أَنۡ يُرۡفَعَ الۡعِلۡمُ، وَيَظۡهَرَ الۡجَهۡلُ، وَيُشۡرَبَ الۡخَمۡرُ، وَيَظۡهَرَ الزِّنَا، وَيَقِلَّ الرِّجَالُ، وَيَكۡثُرَ النِّسَاءُ حَتَّى يَكُونَ لِلۡخَمۡسِينَ امۡرَأَةً الۡقَيِّمُ الۡوَاحِدُ). [طرفه في: ١٨١٤]. 

6808. Dawud bin Syabib telah mengabarkan kepada kami: Hammam menceritakan kepada kami dari Qatadah: Anas mengabarkan kepada kami. Beliau mengatakan: Aku benar-benar akan menceritakan kepada kalian suatu hadis yang tidak akan ada seorang pun selainku yang akan menceritakannya kepada kalian. Aku mendengarnya dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Aku mendengar Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Hari kiamat tidak akan terjadi—bisa jadi perawi berkata: Di antara tanda-tanda hari kiamat:—ilmu agama ini diambil, kejahilan merebak, khamar diminum, zina merebak, pria akan sedikit, wanita akan banyak hingga akan terjadi lima puluh wanita diurus oleh satu orang pria.”