Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7032

٣٧ - بَابُ الۡقَدَحِ فِي النَّوۡمِ
37. Bab (mimpi) mangkuk dalam tidur


٧٠٣٢ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ حَمۡزَةَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (بَيۡنَا أَنَا نَائِمٌ أُتِيتُ بِقَدَحِ لَبَنٍ، فَشَرِبۡتُ مِنۡهُ، ثُمَّ أَعۡطَيۡتُ فَضۡلِي عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ). قَالُوا: فَمَا أَوَّلۡتَهُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الۡعِلۡمَ). [طرفه في: ٨٢]. 

7032. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab, dari Hamzah bin ‘Abdullah, dari ‘Abdullah bin ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan: 

Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ketika aku tidur malam, aku (mimpi) dihidangkan semangkuk susu. Aku meminum sebagiannya lalu aku berikan sisa minumku kepada ‘Umar bin Al-Khaththab.” 

Para sahabat bertanya, “Engkau menakwilkannya apa wahai Rasulullah?” 

Rasulullah menjawab, “Ilmu.”