Cari Blog Ini

'Umdatul Ahkam - Kitab Taharah - Bab Siwak

٢ – بَابُ السِّوَاكِ
2. Bab Siwak


١٩ - عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنۡ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَوۡلَا أَنۡ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرۡتُهُمۡ بِالسِّوَاكِ عِنۡدَ كُلِّ صَلَاةٍ). 

19. Dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda, “Andai aku tidak akan mempersulit umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap hendak salat.”[1]

٢٠ - عَنۡ حُذَيۡفَةَ بۡنِ الۡيَمَانِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: (كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إذَا قَامَ مِنَ اللَّيۡلِ يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ). 

20. Dari Hudzaifah bin Al-Yaman—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau berkata, “Dahulu, Rasulullah—shallallahu ’alaihi wa sallam—apabila bangun malam, beliau membersihkan mulut menggunakan siwak.”[2]

٢١ - عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: (دَخَلَ عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا عَلَى النَّبِيِّ ﷺ وَأَنَا مُسۡنِدَتُهُ إلَى صَدۡرِي، وَمَعَ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ سِوَاكٌ رَطۡبٌ يَسۡتَنُّ بِهِ، فَأَبَدَّهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ بَصَرَهُ، فَأَخَذۡتُ السِّوَاكَ فَقَضَمۡتُهُ، وَطَيَّبۡتُهُ، ثُمَّ دَفَعۡتُهُ إلَى النَّبِيِّ ﷺ، فَاسۡتَنَّ بِهِ، فَمَا رَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ اسۡتَنَّ اسۡتِنَانًا قَطُّ أَحۡسَنَ مِنۡهُ، فَمَا عَدَا أَنۡ فَرَغَ رَسُولُ اللهِ ﷺ رَفَعَ يَدَهُ أَوۡ إصۡبَعَهُ ثُمَّ قَالَ: (فِي الرَّفِيقِ الۡأَعۡلَى – ثَلَاثاً) ثُمَّ قَضَى، وَكَانَتۡ تَقُولُ: مَاتَ بَيۡنَ حَاقِنَتِي وَذَاقِنَتِي). 

وَفِي لَفۡظٍ: (فَرَأَيۡتُهُ يَنۡظُرُ إلَيۡهِ، وَعَرَفۡتُ أَنَّهُ يُحِبُّ السِّوَاكَ. فَقُلۡتُ: آخُذُهُ لَكَ؟ فَأَشَارَ بِرَأۡسِهِ: أَنۡ نَعَمۡ). 

هَٰذَا لَفۡظُ الۡبُخَارِيِّ. وَلِمُسۡلِمٍ نَحۡوُهُ. 

21. Dari ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha—. Beliau mengatakan, “’Abdurrahman bin Abu Bakr Ash-Shiddiq—radhiyallahu ‘anhuma—masuk ke tempat Nabi—shallallahu ’alaihi wa sallam—ketika Nabi sedang bersandar ke dadaku. ‘Abdurrahman membawa sebuah siwak yang basah untuk menggosok giginya. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menatapnya. Aku pun mengambil siwak itu lalu aku patahkan dan aku lembutkan, lalu aku menyerahkannya kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau pun menggosok giginya. Aku belum pernah sama sekali melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menggosok gigi lebih baik daripada saat itu. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—belum sempat menyelesaikannya, beliau mengangkat tangan atau jarinya kemudian bersabda, “Di tempat teman yang paling tinggi.” Sebanyak tiga kali. Kemudian beliau meninggal. ‘Aisyah berkata, “Beliau meninggal di antara haqinah-ku (cekungan di tengah tulang selangka) dan dzaqinah-ku (bagian atas tenggorokan).”[3]

Dalam lafaz hadis yang lain: Aku melihat beliau memandanginya. Aku pun tahu bahwa beliau menginginkan siwak itu. Aku bertanya, “Mau aku ambilkan untuk Anda?” Beliau menganggukkan kepalanya. 

Ini lafaz hadis Al-Bukhari. Muslim memiliki riwayat mirip itu.[4]

٢٢ - عَنۡ أَبِي مُوسَى الۡأَشۡعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: (أَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ وَهُوَ يَسۡتَاكُ بِسِوَاكٍ رَطۡبٍ قَالَ: وَطَرَفُ السِّوَاكِ عَلَى لِسَانِهِ، وَهُوَ يَقُولُ: (أُعۡ، أُعۡ)، وَالسِّوَاكُ فِي فِيهِ، كَأَنَّهُ يَتَهَوَّعُ). 

22. Dari Abu Musa Al-Asy’ari—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan: Aku mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika beliau sedang menggosok gigi menggunakan siwak yang basah. Beliau berkata: Ujung siwak di atas lisannya sampai beliau bersuara, “U’ u’,” sementara siwak di dalam mulutnya, seakan-akan beliau hendak muntah.[5]