Cari Blog Ini

Khudz 'Aqidatak - Tawasul dan Meminta Syafaat

التَّوَسُّلُ وَطَلَبُ الشَّفَاعَةِ

س١ - : بِمَاذَا نَتَوَسَّلُ إِلَى اللهِ؟
ج١ - : التَّوَسُّلُ مِنۡهُ جَائِزٌ وَمَمۡنُوعٌ:
(١) التَّوَسُّلُ الۡجَائِزُ وَالۡمَطۡلُوبُ هُوَ التَّوَسُّلُ بِأَسۡمَاءِ اللهِ وَصِفَاتِهِ وَالۡعَمَلِ الصَّالِحِ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿وَلِلَّهِ ٱلۡأَسۡمَآءُ ٱلۡحُسۡنَىٰ فَٱدۡعُوهُ بِهَا﴾ (سورة الأعراف).
وَقَالَ تَعَالَى: ﴿يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَٱبۡتَغُوٓا۟ إِلَيۡهِ ٱلۡوَسِيلَةَ﴾ (أَيۡ تَقَرَّبُوا إِلَيۡهِ بِطَاعَتِهِ وَالۡعَمَلِ بِمَا يُرۡضِيهِ) (ذَكَرَهُ ابۡنُ كَثِيرٍ نَقۡلًا عَنۡ قَتَادَةَ) (الۡآيَةُ مِنۡ سُورَةِ الۡمَائِدَةِ).
وَقَالَ ﷺ: (أَسۡأَلُكَ بِكُلِّ اسۡمٍ هُوَ لَكَ) (صَحِيحٌ رَوَاهُ أَحۡمَدُ).
وَقَوۡلُهُ ﷺ لِلصَّحَابَةِ الَّذِي سَأَلَهُ مُرَافَقَتَهُ الۡجَنَّةَ: (أَعِنِّي عَلَى نَفۡسِكَ بِكَثۡرَةِ السُّجُودِ) (أَيۡ الصَّلَاةُ وَهِيَ مِنَ الۡعَمَلِ الصَّالِحِ) (رَوَاهُ مُسۡلِمٌ).
وَيَجُوزُ التَّوَسُّلُ بِحِبِّنَا وَحِبِّ اللهِ وَالرَّسُولِ وَالۡأَوۡلِيَاءِ.
وَكَقِصَّةِ أَصۡحَابِ الۡغَارِ الَّذِينَ تَوَسَّلُوا بِأَعۡمَالِهِمۡ الصَّالِحَةِ فَفَرَجَ اللهُ عَنۡهُمۡ.
(٢) التَّوَسُّلُ الۡمَمۡنُوعُ: وَهُوَ دُعَاءُ الۡأَمۡوَاتِ، وَطَلَبُ الۡحَاجَاتِ مِنۡهُمۡ، كَمَا هُوَ وَاقِعٌ الۡيَوۡمَ، وَهُوَ شِرۡكٌ أَكۡبَرُ، لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَلَا تَدۡعُ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَا لَا يَنفَعُكَ وَلَا يَضُرُّكَ ۖ فَإِن فَعَلۡتَ فَإِنَّكَ إِذًا مِّنَ ٱلظَّـٰلِمِينَ﴾ (أَيۡ مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ) (سورة يونس).
(٣) أَمَّا التَّوَسُّلُ بِجَاهِ الرَّسُولِ ﷺ كَقَوۡلِكَ: (يَا رَبِّ بِجَاهِ مُحَمَّدٍ اشۡفِنِي) فَهَٰذَا بِدۡعَةٌ لِأَنَّ الصَّحَابَةَ لَمۡ يَفۡعَلُوهُ، وَلِأَنَّ عُمَرَ تَوَسَّلَ بِالۡعَبَّاسِ حَيًّا بِدُعَائِهِ، وَلَمۡ يَتَوَسَّلۡ بِالرَّسُولِ بَعۡدَ مَوۡتِهِ، وَهَٰذَا التَّوَسُّلُ قَدۡ يُؤدي لِلشِّرۡكِ، وَذَلِكَ إِذَا اعۡتَقَدَ أَنَّ اللهَ مُحۡتَاجٌّ لِوَاسِطَةِ بَشَرٍ كَالۡأَمِيرِ وَالۡحَاكِمِ، لِأَنَّهُ شِبۡهُ الۡخَالِقِ بِالۡمَخۡلُوقِ.
وَلِمَعۡرِفَةِ الۡمَزِيدِ مِنَ التَّفَاصِيلِ وَأَدِلَّةِ هَٰذَا الۡمَوۡضُوعِ يُرَاجِع رِسَالَةَ (التَّوَسُّلُ وَأَحۡكَامُهُ وَأَنۡوَاعُهُ) لِلشَّيۡخِ الۡأَلۡبَانِيِّ.
Soal 1: Dengan apa kita bertawasul (menjadikan perantara) kepada Allah?
Jawab 1: Tawasul ada yang dibolehkan dan ada yang dilarang.
1. Tawasul yang dibolehkan dan dituntut adalah tawasul dengan nama-nama dan sifat-sifat Allah dan tawasul dengan amal saleh. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan hanya milik Allah lah nama-nama yang paling indah, maka berdoalah kepada Allah dengan menyebutnya.” (QS. Al-A’raf: 180). Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah kepadaNya.” Yakni mendekatlah kepada Allah dengan mentaatiNya dan mengerjakan apa yang Allah ridhai. (QS. Al-Maidah: 35).
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku meminta kepadaMu dengan seluruh nama yang Engkau miliki.” (Sahih riwayat Ahmad). Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada para shahabat yang meminta untuk menjadi teman beliau di surga, “Bantulah aku untuk dirimu dengan memperbanyak sujud.” Yakni shalat dan ini termasuk amal saleh. (HR. Muslim).
Dan boleh bertawasul dengan amalan yang kita cintai dan amalan yang dicintai Allah, Rasul, dan wali Allah. Seperti kisah orang-orang yang terperangkap di dalam gua, mereka bertawasul dengan amal-amal shalih sehingga Allah selamatkan mereka.
2. Tawasul yang dilarang yaitu berdoa kepada orang mati dan meminta dipenuhi kebutuhan kepada mereka, sebagaimana kenyataan pada masa ini. Dan ini adalah syirik akbar berdasarkan firman Allah ta’ala yang artinya, “Dan janganlah engkau menyembah apa-apa yang tidak dapat memberi manfaat dan tidak dapat memberi mudharat kepadamu selain Allah. Sebab, jika engkau melakukannya, maka sungguh engkau kalau begitu termasuk orang-orang yang zalim.” Yakni termasuk orang-orang musyrik. (QS. Yunus: 106).
3. Adapun tawasul dengan kedudukan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam seperti ucapan Anda: Wahai Rabbku, dengan kedudukan Nabi Muhammad, sembuhkanlah aku. Maka ini adalah bid’ah, karena para shahabat tidak melakukannya. Juga karena ‘Umar bertawasul dengan Al-‘Abbas yang masih hidup dengan doa beliau. ‘Umar tidak bertawasul dengan Rasul setelah meninggalnya beliau. Dan tawasul ini sering mengantarkan kepada kesyirikan. Yakni apabila ia berkeyakinan bahwa Allah butuh kepada seorang perantara sebagaimana seorang pemimpin dan hakim. Karena keyakinan ini berarti menyerupakan Allah Al-Khaliq dengan makhluk.
Dan untuk mengetahui lebih dalam tentang rincian dan dalil-dalil pembahasan ini, silakan merujuk risalah “Tawasul, Hukum-hukumnya, dan Jenis-jenisnya” karya Asy-Syaikh Al-Albani.

س٢ - : هَلۡ يَحۡتَاجُّ الدُّعَاءُ لِوَاسِطَةِ بَشَرٍ؟
ج٢ - : لَا يَحۡتَاجُّ الدُّعَاءُ لِوَاسِطَةِ بَشَرٍ لِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ﴾ (سورة البقرة).
وَقَوۡلِهِ ﷺ: (إِنَّكُمۡ تَدۡعُونَ سَمِيعًا قَرِيبًا وَهُوَ مَعَكُمۡ) (أَيۡ بِعِلۡمِهِ) (رَوَاهُ مُسۡلِمٌ).
Soal 2: Apakah doa itu butuh kepada perantaraan seseorang?
Jawab 2: Doa tidak membutuhkan perantaraan seseorang berdasarkan firman Allah ta’ala yang artinya, “Dan jika hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) sesungguhnya Aku dekat.” (QS. Al-Baqarah: 186). Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sungguh kalian berdoa kepada Yang Maha Mendengar lagi Maha Dekat dan Dia bersama kalian.” Yakni dengan ilmuNya. (HR. Muslim).

س٣ - : هَلۡ يَجُوزُ طَلَبُ الدُّعَاءِ مِنَ الۡأَحۡيَاءِ؟
ج٣ - : يَجُوزُ طَلَبُ الدُّعَاءِ مِنَ الۡأَحۡيَاءِ لَا الۡأَمۡوَاتِ. قَالَ تَعَالَى يُخَاطِبُ الرَّسُولَ حَيًّا: ﴿وَٱسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۢبِكَ وَلِلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَـٰتِ﴾ (سورة محمد).
وَفِي الۡحَدِيثِ الصَّحِيحِ الَّذِي رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ: (أَنَّ رَجُلًا ضَرِيرُ الۡبَصَرِ أَتَى النَّبِيَّ ﷺ، فَقَالَ: ادۡعُ اللهَ أَنۡ يُعَافِيَنِي...).
Soal 3: Apakah boleh meminta doa dari orang-orang yang masih hidup?
Jawab 3: Boleh meminta doa dari orang-orang yang masih hidup, tidak boleh dari orang yang sudah meninggal. Allah ta’ala berfirman berbicara kepada Rasul ketika masih hidup, artinya, “Dan mintalah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan.” (QS. Muhammad: 19). Dan di dalam hadits sahih yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, “Bahwa ada seseorang yang buta matanya mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu berkata: Berdoalah kepada Allah agar menyembuhkanku…”

س٤ - : مَا هِيَ وَاسِطَةُ الرَّسُولِ ﷺ؟
ج٤ - : وَاسِطَةُ الرَّسُولِ ﷺ هِيَ التَّبۡلِيغُ، قَالَ تَعَالَى: ﴿يَـٰٓأَيُّهَا ٱلرَّسُولُ بَلِّغۡ مَآ أُنزِلَ إِلَيۡكَ مِن رَّبِّكَ﴾ (سورة المائدة).
وَقَالَ ﷺ: (اللّٰهُمَّ اشۡهَدۡ) جَوَابًا لِقَوۡلِ الصَّحَابَةِ: (نَشۡهَدُ أَنَّكَ قَدۡ بَلَّغۡتَ) (رَوَاهُ مُسۡلِمٌ).
Soal 4: Apakah bentuk perantaraan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam?
Jawab 4: Bentuk perantaraan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah penyampaian syariat. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Wahai Rasul, sampaikanlah apa yang telah diturunkan kepadamu dari Rabbmu.” (QS. Al-Maidah: 67). Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ya Allah, saksikanlah.” Ketika menjawab ucapan para shahabat: Kami bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan. (HR. Muslim).

س٥ - : مِمَّنۡ نَطۡلُبُ شَفَاعَةَ الرَّسُولِ ﷺ؟
ج٥ - : نَطۡلُبُ شَفَاعَةَ الرَّسُولِ مِنَ اللهِ، قَالَ تَعَالَى: ﴿قُل لِّلَّهِ ٱلشَّفَـٰعَةُ جَمِيعًا﴾ (سورة الزمر).
وَعَلَّمَ ﷺ الصَّحَابِيَ أَنۡ يَقُولَ: (اللّٰهُمَّ شَفِّعۡهُ فِي) (حَسَنٌ صَحِيحٌ رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ).
وَقَالَ ﷺ: (إِنِّي اخۡتَبَأۡتُ دَوۡعَتِي شَفَاعَةً يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ مَنۡ مَاتَ مِنۡ أُمَّتِي لَا يُشۡرِكُ بِاللهِ شَيۡئًا) (رَوَاهُ مُسۡلِمٌ).
Soal 5: Dari siapakah kita meminta syafaat Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam?
Jawab 5: Kita meminta syafaat Rasul dari Allah. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Katakanlah, semua syafaat itu hanya milik Allah.” (QS. Az-Zumar: 44). Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajari para shahabat untuk mengatakan, “Ya Allah, jadikanlah dia (Rasul) pemberi syafaat untukku.” (Hasan sahih diriwayatakan oleh At-Tirmidzi). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “Sesungguhnya aku menunda doaku sebagai syafaat pada hari kiamat untuk siapa saja yang meninggal dari kalangan umatku yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun.” (HR. Muslim).

س٦ - : هَلۡ نَطۡلُبُ الشَّفَاعَةَ مِنَ الۡأَحۡيَاءِ؟
ج٦ - : نَطۡلُبُ الشَّفَاعَةَ مِنَ الۡأَحۡيَاءِ فِي أُمُورِ الدُّنۡيَا، قَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿مَّن يَشۡفَعۡ شَفَـٰعَةً حَسَنَةً يَكُن لَّهُۥ نَصِيبٌ مِّنۡهَا ۖ وَمَن يَشۡفَعۡ شَفَـٰعَةً سَيِّئَةً يَكُن لَّهُۥ كِفۡلٌ مِّنۡهَا﴾ (أَيۡ نَصِيبٌ مِنۡ وِزۡرِهَا) (سورة النساء).
وَقَالَ ﷺ: (اشۡفَعُوا تُؤۡجَرُوا) (صَحِيحٌ رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ).
Soal 6: Apakah kita boleh meminta syafaat dari orang-orang yang masih hidup?
Jawab 6: Kita boleh meminta syafaat dari orang-orang yang masih hidup dalam perkara-perkara duniawi. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Siapa saja yang memberi syafaat yang baik, dia akan mendapatkan bagian (pahala) darinya. Dan siapa saja yang memberi syafaat yang jelek, dia akan memikul bagian (dosa) darinya.” Yakni bagian dari dosanya. (QS. An-Nisa`: 85). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berikanlah syafaat, maka kalian akan diberi pahala.” (Sahih diriwayatkan oleh Abu Dawud).

س٧ - : هَلۡ نَزِيدُ فِي مَدۡحِ الرَّسُولِ ﷺ؟
ج٧ - : لَا نَزِيدُ فِي مَدۡحِهِ، قَالَ تَعَالَى: ﴿قُلۡ إِنَّمَآ أَنَا۠ بَشَرٌ مِّثۡلُكُمۡ يُوحَىٰٓ إِلَىَّ أَنَّمَآ إِلَـٰهُكُمۡ إِلَـٰهٌ وَ‌ٰحِدٌ﴾ (سورة الكهف).
وَقَالَ ﷺ: (لَا تُطۡرُونِي كَمَا أَطۡرَتِ النَّصَارَى عِيسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ، فَإِنَّمَا أَنَا عَبۡدٌ فَقُولُوا عَبۡدُ اللهِ وَرَسُولُهُ) (رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ) (الۡإِطۡرَاءُ: هُوَ مُبَالَغَةُ فِي الۡمَدۡحِ).
Soal 7: Apakah kita menambah dalam menyanjung Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam?
Jawab 7: Kita tidak menambah dalam menyanjung beliau. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Katakanlah, aku hanyalah seorang manusia seperti kalian, yang diwahyukan kepadaku bahwasanya sesembahan kalian adalah sesembahan yang esa.” (QS. Al-Kahfi: 110). Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian berlebih-lebihan memujiku sebagaimana orang Nasrani berlebih-lebihan memuji ‘Isa bin Maryam. Aku hanyalah seorang hamba, maka ucapkanlah: hamba Allah dan RasulNya.” (HR. Al-Bukhari). Al-Ithra` adalah berlebih-lebihan dalam menyanjung.