Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1322

٦٥ - بَابُ جَوَازِ رُكُوبِ الۡبَدَنَةِ الۡمُهۡدَاةِ لِمَنِ احۡتَاجَ إِلَيۡهَا
65. Bab bolehnya menunggangi unta hadyu bagi siapa saja yang membutuhkannya

٣٧١ - (١٣٢٢) - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَى مَالِكٍ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَأَىٰ رَجُلًا يَسُوقُ بَدَنَةً. فَقَالَ: (ارۡكَبۡهَا) قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّهَا بَدَنَةٌ. فَقَالَ: (ارۡكَبۡهَا، وَيۡلَكَ) فِي الثَّانِيَةِ أَوۡ فِي الثَّالِثَةِ.
371. (1322). Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Abuz Zinad, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seseorang yang menuntun unta hadyu.
Beliau bersabda, “Tunggangilah!”
Orang itu berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya ini adalah unta hadyu.
Beliau bersabda, “Tunggangilah! Celaka engkau.” Di kali yang kedua atau ketiga.
(...) - وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا الۡمُغِيرَةُ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡحِزَامِيُّ، عَنۡ أَبِي الزِّنَادِ، عَنِ الۡأَعۡرَجِ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَقَالَ: بَيۡنَمَا رَجُلٌ يَسُوقُ بَدَنَةً مُقَلَّدَةً.
Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Al-Mughirah bin ‘Abdurrahman Al-Hizami mengabarkan kepada kami, dari Abuz Zinad, dari Al-A’raj, dengan sanad ini. Beliau mengatakan: Suatu ketika, ada seseorang yang menuntun unta hadyu yang telah dikalungi.
٣٧٢ - (...) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: حَدَّثَنَا مَعۡمَرٌ، عَنۡ هَمَّامِ بۡنِ مُنَبِّهٍ قَالَ: هٰذَا مَا حَدَّثَنَا أَبُو هُرَيۡرَةَ عَنۡ مُحَمَّدٍ رَسُولِ اللهِ ﷺ. فَذَكَرَ أَحَادِيثَ مِنۡهَا: وَقَالَ: بَيۡنَمَا رَجُلٌ يَسُوقُ بَدَنَةً مُقَلَّدَةً، قَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (وَيۡلَكَ، ارۡكَبۡهَا) فَقَالَ: بَدَنَةٌ يَا رَسُولَ اللهِ. قَالَ: (وَيۡلَكَ، ارۡكَبۡهَا. وَيۡلَكَ، ارۡكَبۡهَا).
372. Muhammad bin Rafi’ telah menceritakan kepada kami: ‘Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ma’mar menceritakan kepada kami, dari Hammam bin Munabbih, beliau berkata: Ini adalah yang diceritakan oleh Abu Hurairah dari Muhammad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menyebutkan beberapa hadis, di antaranya: Beliau mengatakan: Suatu ketika ada seseorang menuntun unta hadyu yang telah dikalungi.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya, “Celaka engkau, tunggangilah!”
Orang itu berkata: Ini unta hadyu, wahai Rasulullah.
Beliau bersabda, “Celaka engkau, tunggangilah! Celaka engkau, tunggangilah!”