Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1181

٢ – بَابُ مَوَاقِيتِ الۡحَجِّ وَالۡعُمۡرَةِ
2. Bab mikat-mikat haji dan umrah

١١ – (١١٨١) – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ وَخَلَفُ بۡنُ هِشَامٍ وَأَبُو الرَّبِيعِ وَقُتَيۡبَةُ، جَمِيعًا عَنۡ حَمَّادٍ. قَالَ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ دِينَارٍ، عَنۡ طَاوُسٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: وَقَّتَ رَسُولُ اللهِ ﷺ لِأَهۡلِ الۡمَدِينَةِ ذَا الۡحُلَيۡفَةِ، وَلِأَهۡلِ الشَّامِ الۡجُحۡفَةَ، وَلِأَهۡلِ نَجۡدٍ قَرۡنَ الۡمَنَازِلِ، وَلِأَهۡلِ الۡيَمَنِ يَلَمۡلَمَ. قَالَ: (فَهُنَّ لَهُنَّ وَلِمَنۡ أَتَىٰ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ غَيۡرِ أَهۡلِهِنَّ مِمَّنۡ أَرَادَ الۡحَجَّ وَالۡعُمۡرَةَ، فَمَنۡ كَانَ دُونَهُنَّ فَمِنۡ أَهۡلِهِ، وَكَذَا فَكَذٰلِكَ، حَتَّىٰ أَهۡلُ مَكَّةَ يُهِلُّونَ مِنۡهَا).
11. (1181). Yahya bin Yahya, Khalaf bin Hisyam, Abur Rabi’, dan Qutaibah telah menceritakan kepada kami, seluruhnya dari Hammad. Yahya mengatakan: Hammad bin Zaid mengabarkan kepada kami, dari ‘Amr bin Dinar, dari Thawus, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menentukan mikat untuk penduduk Madinah dari Dzul Hulaifah, untuk penduduk Syam dari Juhfah, untuk penduduk Najd dari Qarnul Manazil, dan untuk penduduk Yaman dari Yalamlam. Beliau bersabda, “Mikat-mikat tersebut untuk mereka dan untuk siapa saja dari selain penduduk kota-kota tersebut yang melewatinya bagi siapa saja yang ingin haji dan umrah. Siapa saja yang tinggal lebih dekat dari mikat tersebut, maka dari kotanya. Demikian seterusnya, sampai pun penduduk Makkah mulai talbiah dari Makkah.”
١٢ – (...) – حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ آدَمَ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ طَاوُسٍ عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَقَّتَ لِأَهۡلِ الۡمَدِينَةِ ذَا الۡحُلَيۡفَةِ، وَلِأَهۡلِ الشَّامِ الۡجُحۡفَةَ، وَلِأَهۡلِ نَجۡدٍ قَرۡنَ الۡمَنَازِلِ، وَلِأَهۡلِ الۡيَمَنِ يَلَمۡلَمَ، وَقَالَ: (هُنَّ لَهُمۡ وَلِكُلِّ آتٍ أَتَىٰ عَلَيۡهِنَّ مِنۡ غَيۡرِهِنَّ مِمَّنۡ أَرَادَ الۡحَجَّ وَالۡعُمۡرَةَ، وَمَنۡ كَانَ دُونَ ذٰلِكَ، فَمِنۡ حَيۡثُ أَنۡشَأَ، حَتَّىٰ أَهۡلِ مَكَّةَ مِنۡ مَكَّةَ).
12. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Yahya bin Adam menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami: ‘Abdullah bin Thawus menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menentukan mikat untuk penduduk Madinah dari Dzul Hulaifah, untuk penduduk Syam dari Juhfah, untuk penduduk Najd dari Qarnul Manazil, untuk penduduk Yaman dari Yalamlam, beliau bersabda, “Mikat-mikat itu untuk mereka dan untuk setiap selain penduduk yang datang melalui mikat tersebut bagi siapa saja yang ingin haji dan umrah. Dan siapa saja yang tinggal lebih dekat daripada mikat itu, maka dari tempat ia tinggal, sampai pun penduduk Makkah dari Makkah.”