Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Kitab Puasa

كِتَابُ الصِّيَامِ

يَجِبُ صِيَامُ رَمَضَانَ لِرُؤۡيَةِ هِلَالِهِ مِنۡ عَدۡلٍ أَوۡ كَمَالِ عِدَّةِ شَعۡبَانَ، وَيَصُومُ ثَلَاثِينَ يَوۡمًا مَا لَمۡ يَظۡهَرۡ هِلَالُ شَوَّالَ قَبۡلَ إِكۡمَالِهَا، وَإِذَا رَآهُ أَهۡلُ بَلَدٍ لَزِمَ سَائِرَ الۡبِلَادِ الۡمُوَافَقَةُ وَعَلَى الصَّائِمِ النِّيَّةُ قَبۡلَ الۡفَجۡرِ.
Puasa Ramadhan wajib berdasarkan melihat hilal bulan Ramadhan dari seorang yang adil atau dengan sempurnanya hitungan bulan Sya’ban. Wajib puasa tiga puluh hari selama belum tampak hilal bulan Syawwal sebelum menyempurnakan hitungan bulan Ramadhan. Apabila penduduk suatu negeri telah melihatnya, wajib bagi seluruh negeri untuk mengikutinya. Dan wajib bagi orang yang berpuasa untuk berniat sebelum fajar.
أَقُولُ: صِيَامُ رَمَضَانَ رُكۡنٌ مِنۡ أَرۡكَانِ الدِّينِ وَضَرُورِيٌّ مِنۡ ضَرُورِيَّاتِهِ.
Puasa Ramadhan merupakan satu rukun dari rukun-rukun agama dan satu perkara fundamental yang harus diketahui dari berbagai perkara agama Islam.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَجِبُ الصِّيَامُ عِنۡدَ رُؤۡيَةِ الۡهِلَالِ مِنۡ عَدۡلٍ: فَلِصِيَامِهِ ﷺ وَأَمۡرِهِ لِلنَّاسِ بِالصِّيَامِ لَمَّا أَخۡبَرَهُ عَبۡدُ اللهِ بۡنُ عُمَرَ بِأَنَّهُ رَآهُ. أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ، وَالدَّارِمِيُّ، وَابۡنُ حِبَّانٍ، وَالۡحَاكِمُ وَصَحَّحَاهُ؛ وَصَحَّحَهُ أَيۡضًا ابۡنُ حَزۡمٍ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عُمَرَ بِلَفۡظِ: (تَرَاءَى النَّاسُ الۡهِلَالَ فَأَخۡبَرۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ أَنِّي رَأَيۡتُهُ فَصَامَ وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ)[1]. وَأَخۡرَجَ أَهۡلُ السُّنَنِ، وَابۡنُ حِبَّانٍ، وَالدَّارُقُطۡنِيُّ، وَالۡبَيۡهَقِيُّ، وَالۡحَاكِمُ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: (جَاءَ أَعۡرَابِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ فَقَالَ: إِنِّي رَأَيۡتُ الۡهِلَالَ يَعۡنِي رَمَضَانَ، فَقَالَ: أَتَشۡهَدُ أَنۡ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ؟ قَالَ: نَعَمۡ؛ قَالَ: أَتَشۡهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ؟ قَالَ: نَعَمۡ، قَالَ: يَا بِلَالُ أَذِّنۡ فِي النَّاسِ فَلِيَصُومُوا غَدًا)[2] وَأَخۡرَجَ الدَّارُقُطۡنِيُّ وَالطَّبۡرَانِيُّ مِنۡ طَرِيقِ طَاوُسٍ قَالَ: (شَهِدۡتُ الۡمَدِينَةَ وَبِهَا ابۡنُ عُمَرَ وَابۡنُ عَبَّاسٍ؛ فَجَاءَ رَجُلٌ إِلَيَّ وَإِلَيۡهَا وَشَهِدَ عِنۡدَهُ عَلَى رُؤۡيَةِ هِلَالِ شَهۡرِ رَمَضَانَ فَسَأَلَ ابۡنَ عُمَرَ وَابۡنَ عَبَّاسٍ عَنۡ شَهَادَتِهِ فَأَمَرَاهُ أَنۡ يُجِيزَهُ؛ وَقَالَا: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ أَجَازَ شَهَادَةَ وَاحِدٍ عَلَى رُؤۡيَةِ هِلَالِ رَمَضَانَ، وَكَانَ لَا يُجِيزُ شَهَادَةَ الۡإِفۡطَارِ إِلَّا بِشَهَادَةِ رَجُلَيۡنِ). قَالَ الدَّارُقُطۡنِيُّ تَفَرَّدَ بِهِ حَفۡصُ بۡنُ عُمَرَ الۡأَيۡلِيُّ وَهُوَ ضَعِيفٌ. وَقَدۡ ذَهَبَ إِلَى الۡعَمَلِ بِشَهَادَةِ الۡوَاحِدِ ابۡنُ الۡمُبَارَكِ، وَأَحۡمَدُ بۡنُ حَنۡبَلٍ وَالشَّافِعِيُّ فِي أَحَدِ قَوۡلَيۡهِ. قَالَ النَّوَوِيُّ: وَهُوَ الۡأَصَحُّ، وَبِهِ قَالَ الۡمُؤَيِّدُ بِاللهِ. وَذَهَبَ مَالِكٌ وَاللَّيۡثُ وَالۡأَوۡزَاعِيُّ وَالثَّوۡرِيُّ أَنَّهُ يُعۡتَبَرُ اثۡنَانِ. وَاسۡتَدَلُّوا بِحَدِيثِ عَبدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ الۡخَطَّابِ وَفِيهِ: (فَإِنۡ شَهِدَ شَاهِدَانِ مُسۡلِمَانِ فَصُومُوا وَأَفۡطِرُوا) أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ وَالنَّسَائِيُّ. وَفِي حَدِيثِ أَمِيرِ مَكَّةَ الۡحَارِثِ بۡنِ حَاطِبٍ قَالَ: (عَهِدَ إِلَيۡنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنۡ نَنۡسُكَ لِلرُّؤۡيَةِ فَإِنۡ لَمۡ نَرَهُ وَشَهِدَ شَاهِدَا عَدۡلٍ نَسَكۡنَا بِشَهَادَتِهِمَا)[3] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ، وَالدَّارُقُطۡنِيُّ وَقَالَ: وَهَٰذَا إِسۡنَادٌ مُتَّصِلٌ صَحِيحٌ. وَغَايَةُ مَا فِي هَٰذَيۡنِ الۡحَدِيثَيۡنِ أَنَّ مَفۡهُومَ الشَّرۡطِ يَدُلُّ عَلَى عَدَمِ قَبُولِ الۡوَاحِدِ وَلَكِنۡ أَحَادِيثُ قَبُولِ الۡوَاحِدِ أَرۡجَحُ مِنۡ هَٰذَا الۡمَفۡهُومِ.
Kewajiban puasa ketika hilal terlihat oleh seorang yang adil adalah berdasarkan puasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan perintah beliau kepada manusia untuk berpuasa ketika ‘Abdullah bin ‘Umar memberitahu beliau bahwa dia melihat hilal. Riwayat ini dikeluarkan oleh Abu Dawud, Ad-Darimi, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim. Beliau mensahihkannya. Ibnu Hazm juga mensahihkannya dari hadits Ibnu ‘Umar dengan lafazh, “Orang-orang berusaha melihat hilal. Kemudian aku memberitahu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa aku telah melihatnya. Lalu beliau pun berpuasa dan memerintahkan orang-orang untuk berpuasa.
Dikeluarkan oleh penyusun kitab sunan, Ibnu Hibban, Ad-Daruquthni, Al-Baihaqi, dan Al-Hakim dari hadits Ibnu ‘Abbas, beliau berkata, “Seorang arab badui datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: Sungguh aku telah melihat hilal bulan Ramadhan. Nabi bertanya: Apakah engkau bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi kecuali Allah? Orang itu menjawab: Iya. Nabi melanjutkan: Apakah engkau bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah? Orang itu menjawab: Iya. Nabi bersabda: Wahai Bilal, umumkan kepada orang-orang agar mereka berpuasa esok hari.”
Ad-Daruquthni dan Ath-Thabrani mengeluarkan dari jalan Thawus, beliau berkata, “Aku berada di Madinah dan di situ ada Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbas. Seorang laki-laki datang kepadaku dan ke Madinah. Orang itu bersaksi melihat hilal bulan Ramadhan. Ia pun bertanya kepada Ibnu ‘Umar dan Ibnu ‘Abbas tentang persaksiannya. Mereka berdua memerintahkannya untuk mengesahkannya. Keduanya berkata: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengesahkan persaksian satu orang dalam melihat hilal bulan Ramadhan. Dan beliau tidak mengesahkan persaksian selesainya puasa kecuali dengan persaksian dua orang.” Ad-Daruquthni berkata: Hafsh bin ‘Umar Al-Aili bersendirian dan dia dha’if.
Yang berpendapat boleh beramal dengan persaksian satu orang adalah Ibnul Mubarak, Ahmad bin Hanbal, dan Asy-Syafi’i dalam salah satu pendapat beliau. An-Nawawi berkata: Pendapat ini lebih sahih dan Al-Muayyid billah berpendapat dengan pendapat ini. Malik, Al-Laits, Al-Auza’i, dan Ats-Tsauri berpendapat bahwa yang diterima adalah dua orang. Mereka berdalil dengan hadits ‘Abdurrahman bin Zaid bin Al-Khaththab. Dalam hadits itu, “Apabila dua orang muslim bersaksi maka mulailah kalian berpuasa atau berhentilah kalian berpuasa.” Dikeluarkan oleh Ahmad dan An-Nasa`i. Dalam haditsnya pemimpin Makkah, Al-Harits bin Hathib, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membimbing kami agar kami beribadah berdasarkan melihat hilal. Apabila kami tidak melihatnya lalu ada dua orang adil yang bersaksi melihatnya, maka kami melaksanakan ibadah berdasar persaksian kedua orang tersebut.” Dikeluarkan oleh Abu Dawud dan Ad-Daruquthni. Beliau berkata: Ini adalah rantai-rantai periwayatan yang bersambung lagi sahih. Dan maksud kedua hadits ini bahwa pemahaman konteks syarat dalam hadits tersebut menunjukkan tidak diterimanya persaksian satu orang. Akan tetapi hadits-hadits tentang diterimanya persaksian satu orang lebih kuat dari pemahaman tersebut.
وَأَمَّا الصِيَامُ عِنۡدَ إِكۡمَالِ عِدَّةِ شَعۡبَانَ؛ فَلِحَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (صُومُوا لِرُؤۡيَتِهِ وَأَفۡطِرُوا لِرُؤۡيَتِهِ، فَإِنۡ غُمَّ عَلَيۡكُمۡ فَأَكۡمِلُوا عِدَّةَ شَعۡبَانَ ثَلَاثِينَ)[4]، وَالۡأَحَادِيثُ فِي هَٰذَا الۡمَعۡنَى كَثِيرَةٌ.
Adapun puasa dengan menyempurnakan hitungan bulan Sya’ban, berdasarkan hadits Abu Hurairah di dalam dua kitab Shahih dan selainnya, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasalah kalian apabila melihat hilal dan berhentilah berpuasa apabila melihatnya. Apabila hilal tertutup mendung dari kalian, sempurnakanlah hitungan bulan Sya’ban menjadi tiga puluh.” Dan hadits-hadits semakna ini ada banyak.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَصُومُ ثَلَاثِينَ يَوۡمًا مَا لَمۡ يَظۡهَرۡ هِلَالُ شَوَّالٍ قَبۡلَ إِكۡمَالِهَا؛ فَوَجۡهُهُ مَا وَرَدَ مِنَ الۡأَدِلَّةِ الصَّحِيحَةِ أَنَّ الۡهِلَالَ إِذَا غُمَّ صَامُوا ثَلَاثِينَ يَوۡمًا، كَحَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ الۡمَذۡكُورِ، وَمِثۡلِهِ فِي صَحِيحِ مُسۡلِمٍ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عُمَرَ وَمِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عَبَّاسٍ عِنۡدَ أَحۡمَدَ وَالنَّسَائِيِّ وَالتِّرۡمِذِيِّ وَصَحَّحَهُ، وَمِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ عِنۡدَ أَحۡمَدَ، وَأَبِي دَاوُدَ، وَالدَّارُقُطۡنِيِّ بِإِسۡنَادٍ صَحِيحٍ وَغَيۡرِ ذٰلِكَ مِنَ الۡأَحَادِيثِ. وَفِيهَا التَّصۡرِيحُ بِإِكۡمَالِ الۡعِدَّةِ ثَلَاثِينَ يَوۡمًا فِي بَعۡضِهَا عِدَّةِ شَعۡبَانٍ، وَفِي بَعۡضِهَا مَا يُفِيدُ أَنَّهَا عِدَّةُ رَمَضَانَ، وَفِي بَعۡضِهَا الۡإِطۡلَاقُ وَعَدَمُ التَّقۡيِيدِ بِأَحَدِ الشَّهۡرَيۡنِ.
Wajib berpuasa tiga puluh hari selama belum tampak hilal bulan Syawwal sebelum menyempurnakan hitungan bulan Ramadhan. Sisi kewajibannya adalah dalil-dalil sahih yang menyatakan bahwa hilal apabila tertutup mendung, maka mereka berpuasa selama tiga puluh hari. Seperti hadits Abu Hurairah yang baru saja disebutkan dan hadits semisalnya di dalam Shahih Muslim dari hadits Ibnu ‘Umar. Juga dari hadits Ibnu ‘Abbas pada riwayat Ahmad, An-Nasa`i, dan At-Tirmidzi. Beliau mensahihkannya. Juga dari hadits ‘Aisyah riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Ad-Daruquthni dengan sanad-sanad yang sahih. Dan hadits-hadits selain itu. Dalam hadits itu, dinyatakan dengan gamblang untuk menyempurnakan hitungan bulan menjadi tiga puluh hari. Pada sebagian riwayat hitungan bulan Sya’ban dan sebagiannya menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah hitungan bulan Ramadhan. Dan sebagian lagi dimutlakkan. Tidak ditentukan pada salah satu dari kedua bulan tersebut.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ إِذَا رَآهُ أَهۡلُ بَلَدٍ لَزِمَ سَائِرَ الۡبِلَادِ الۡمُوَافَقَةُ، فَوَجۡهُهُ الۡأَحَادِيثُ الۡمُصَرِّحَةُ بِالصِّيَامِ لِرُؤۡيَتِهِ، وَالۡإِفۡطَارِ لِرُؤۡيَتِهِ؛ وَهِيَ خِطَابٌ لِجَمِيعِ الۡأُمَّةِ، فَمَنۡ رَآهُ مِنۡهُمۡ فِي أَيِّ مَكَانٍ، كَانَ ذٰلِكَ رُؤۡيَةً لِجَمِيعِهِمۡ. وَأَمَّا اسۡتِدۡلَالُ مَنِ اسۡتَدَلَّ بِحَدِيثِ كُرَيبٍ عِنۡدَ مُسۡلِمٍ وَغَيۡرِهِ: (أَنَّهُ اسۡتَهَلَّ عَلَيۡهِ رَمَضَانُ وَهُوَ بِالشَّامِ، فَرَأَى الۡهِلَالَ لَيۡلَةَ الۡجُمۡعَةِ وَقَدِمَ الۡمَدِينَةَ فَأَخۡبَرَ بِذٰلِكَ ابۡنَ عَبَّاسٍ فَقَالَ: لَكِنَّا رَأَيۡنَاهُ لَيۡلَةَ السَّبۡتِ فَلَا نَزَالُ نُكۡمِلُ الصَّوۡمَ حَتَّى يَكۡمُلَ ثَلَاثِينَ أَوۡ نَرَاهُ. ثُمَّ قَالَ: هَٰكَذَا أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ)[5] وَلَهُ أَلۡفَاظٌ فَغَيۡرُ صَحِيحٍ، لِأَنَّهُ لَمۡ يُصَرِّحِ ابۡنُ عَبَّاسٍ بِأَنَّ النَبِيَّ ﷺ أَمَرَهُمۡ بِأَنۡ لَا يَعۡمَلُوا بِرُؤۡيَةِ غَيۡرِهِمۡ مِنۡ أَهۡلِ الۡأَقۡطَارِ، بَلۡ أَرَادَ ابۡنُ عَبَّاسٍ أَنَّهُ أَمَرَهُمۡ بِإِكۡمَالِ الثَّلَاثِينَ أَوۡ يَرَوۡهُ ظَنًّا مِنۡهُ أَنَّ الۡمُرَادَ بِالرُّؤۡيَةِ رُؤۡيَةُ أَهۡلِ الۡمَحَلِّ. وَهَٰذَا خَطَأٌ فِي الۡاسۡتِدۡلَالِ أَوۡقَعَ النَّاسُ فِي الۡخَبۡطِ وَالۡخلطِ حَتَّى تَفَرَّقُوا فِي ذٰلِكَ عَلَى ثَمَانِيَةِ مَذَاهِبٍ. وَقَدۡ أَوۡضَحَتۡ الۡمَقَامُ فِي الرِّسَالَةِ الَّتِي سَمَّيۡتُهَا (اطۡلَاعُ أَرۡبَابِ الۡكَمَالِ، عَلَى مَا فِي رِسَالَةِ الۡجُلَالِ فِي الۡهِلَالِ مِنَ الۡاخۡتِلَالِ).
Bahwa apabila seorang penduduk suatu negeri telah melihat hilal mengharuskan seluruh negeri untuk mengikutinya, maka sisi pendalilannya adalah hadits-hadits yang menjelaskan untuk berpuasa karena melihat hilal dan tidak berpuasa karena melihat hilal. Hadits tersebut merupakan pembicaraan yang ditujukan untuk seluruh umat. Sehingga, siapa saja di antara mereka yang telah melihat hilal di manapun dia berada, maka itu adalah rukyat bagi keseluruhan mereka.
Adapun pengambilan dalil orang-orang yang berdalil dengan hadits Kuraib riwayat Muslim dan selain beliau, yaitu, “Bahwa hilal bulan Ramadhan tampak oleh Kuraib ketika berada di Syam. Beliau melihat hilal itu pada malam Jum’at. Kemudian beliau sampai di Madinah, lalu mengabarkan perkara itu kepada Ibnu ‘Abbas. Ibnu ‘Abbas berkata: Akan tetapi kami melihat hilal pada malam Sabtu, sehingga kami akan tetap menyempurnakan puasa sampai sempurna tiga puluh hari atau kami melihat hilal lagi. Kemudian Ibnu ‘Abbas berkata: Demikianlah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami.” Dan ada lafazh-lafazh hadits lainnya. Pendalilan ini tidak sahih, karena Ibnu ‘Abbas tidak menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan mereka untuk tidak beramal berdasarkan rukyat dari penduduk negeri-negeri selain mereka. Tetapi yang Ibnu ‘Abbas inginkan adalah bahwa Nabi memerintahkan mereka untuk menyempurnakan tiga puluh hari atau sampai mereka melihat hilal karena persangkaan Ibnu ‘Abbas bahwa yang dimaksud dengan rukyat adalah rukyat penduduk daerah tempat itu. Dan ini kesalahan dalam pengambilan dalil yang menempatkan manusia di dalam kekeliruan dan kerancuan sehingga mereka berpecah-belah dalam hal itu menjadi delapan mazhab. Dan aku telah jelaskan perkara ini dalam sebuah tulisan yang aku beri judul Ithla’u Arbabil Kamal ‘ala ma fi Risalatil Julal fil Hilal minal Ikhtilal.
وَأَمَّا كَوۡنُ عَلَى الصَّائِمِ النِّيَّةُ قَبۡلَ الۡفَجۡرِ، فَلِحَدِيثِ حَفۡصَةَ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (مَنۡ لَمۡ يَجۡمَعِ الصِّيَامَ قَبۡلَ الۡفَجۡرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ)[6] أَخۡرَجَهُ أَحۡمَدُ، وَأَهۡلُ السُّنَنِ، وَابۡنُ خُزَيۡمَةَ، وَابۡنُ حِبَّانٍ وَصَحَّحَاهُ، وَلَا يُنَافِي ذٰلِكَ رِوَايَةَ مَنۡ رَوَاهُ مَوۡقُوفًا، فَالرَّفۡعُ زِيَادَةٌ يَتَعَيَّنُ قَبُولُهَا عَلَى مَا ذَهَبَ إِلَيۡهِ أَهۡلُ الۡأُصُولِ وَبَعۡضُ أَهۡلِ الۡحَدِيثِ. وَقَدۡ ذَهَبَ إِلَى ذٰلِكَ جَمَاعَةٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، وَخَالَفَهُمۡ آخَرُونَ وَاسۡتَدَلُّوا بِمَا لَا تَقُومُ بِهِ الۡحُجَّةُ.
أَمَّا حَدِيثُ أَمۡرِهِ ﷺ لِمَنۡ أَصۡبَحَ صَائِمًا أَنۡ يُتِمَّ صَوۡمَهُ فِي يَوۡمِ عَاشُورَاءِ، فَغَايَةُ مَا فِيهِ أَنَّ مَنۡ لَمۡ يَتَبَيَّنۡ لَهُ وُجُوبُ الصَّوۡمِ إِلَّا بَعۡدَ دُخُولِ النَّهَارِ كَانَ ذٰلِكَ عُذۡرًا لَهُ عَنِ التَّبۡيِيتِ.
وَأَمَّا حَدِيثُ: أَنَّهُ ﷺ دَخَلَ عَلَى بَعۡضِ نِسَائِهِ ذَاتَ يَوۡمٍ فَقَالَ: (هَلۡ عِنۡدَكُمۡ مِنۡ شَيۡءٍ؟ فَقَالُوا: لَا، فَقَالَ: إِنِّي إِذَنۡ صَائِمٌ)[7] فَذٰلِكَ فِي صَوۡمِ التَّطَوُّعِ.
Adapun bahwa orang yang berpuasa wajib untuk niat sebelum fajar, berdasar hadits Hafshah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau bersabda, “Siapa saja yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.” Dikeluarkan oleh Ahmad, Ahlus Sunan, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban. Beliau mensahihkannya. Dan hal itu tidak menafikan riwayat yang diriwayatkan secara mauquf. Karena riwayat yang marfu’ adalah sebuah tambahan yang meyakinkan diterimanya hadits sebagaimana pendapat ahli ushul dan sebagian ahli hadits. Dan sekelompok ulama juga berpendapat demikian, sedangkan sebagiannya menyelisihi mereka dan mereka berdalil dengan sesuatu yang tidak bisa dijadikan hujjah.
Adapun hadits perintah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bagi siapa saja yang pada pagi hari dalam keadaan berpuasa agar menyempurnakan puasanya di hari ‘Asyura, maka maksudnya adalah bahwa siapa saja yang belum terang baginya kewajiban suatu puasa kecuali setelah masuk siang hari, maka itu merupakan uzur baginya dari melakukan niat sebelum fajar.
Adapun hadits bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemui sebagian istri-istri beliau pada suatu hari lantas menanyakan, “Apakah kalian memiliki makanan?” Istri-istri beliau menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda, “Kalau begitu, aku berpuasa.” Hadits tersebut pada puasa tathawwu’. 

[4] رُوِيَ الۡحَدِيثُ بِطُرُقٍ وَأَسَانِيدَ مُتَعَدِّدَةٍ، أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٥، ١١، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ٦ – ٩، ١٧، وَأَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٤، ٦، ٧، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٢، وَالنَّسَائِيُّ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٩ – ١٣، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٧، وَالدَّارِمِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٢، ٥، وَمَالِكٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١ – ٣، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٢/ ٥، ١٣، ٦٣، ١٤٥، ٢٥٩، ٤١٥، ٤٥٤، ٣/ ٢٢٩، ٤/ ٢٣، ٣٢١، ٥/ ٤٢، ٦/ ١٤٩. 
[5] أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيث ٢٨، وَالنَّسَائِيُّ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٧. 
[6] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٧١، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٣٣، وَالنَّسَائِيُّ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٦٨، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ١٠، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٦/ ٢٨٧. 
[7] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٢١، ٥١، وَمُسۡلِمٌ فِي الصِّيَامِ حَدِيثِ ١٧٠.