'Umdatul Ahkam - Kitab Haji - Bab Tamatuk

٤٣ - بَابُ التَّمَتُّعِ
43. Bab tamatuk

٢٣٦ - عَنۡ أَبِي جَمۡرَةَ نَصۡرِ بۡنِ عِمۡرَانَ الضُّبَعِيِّ قَالَ: (سَأَلۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ عَنِ الۡمُتۡعَةِ، فَأَمَرَنِي بِهَا، وَسَأَلَتۡهُ عَنِ الۡهَدۡيِ فَقَالَ: فِيهَا جَزُورٌ، أَوۡ بَقَرَةٌ، أَوۡ شَاةٌ، أَوۡ شِرۡكٌ فِي دَمٍ. قَالَ: وَكَأَنَّ نَاسًا كَرِهُوهَا، فَنِمۡتُ، فَرَأَيۡتُ فِي الۡمَنَامِ وَكَأَنَّ إِنۡسَاناً يُنَادِي: حَجٌّ مَبۡرُورٌ، وَمُتۡعَةٌ مُتَقَبَّلَةٌ، فَأَتَيۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا فَحَدَّثۡتُهُ، فَقَالَ: اللهُ أَكۡبَرُ، سُنَّةُ أَبِي الۡقَاسِمِ ﷺ).
236. Dari Abu Jamrah Nashr bin ‘Imran Adh-Dhuba’i, beliau mengatakan: Aku bertanya kepada Ibnu ‘Abbas tentang haji tamatuk, beliau memerintahkan aku mengerjakannya. Lalu aku bertanya tentang hewan hadyu (sembelihan haji), maka beliau berkata: Wajib menyembelih unta, sapi, kambing, atau berserikat dalam satu sembelihan (satu ekor unta atau sapi dari tujuh orang). Beliau mengatakan: Seakan-akan orang-orang tidak menyukai haji tamatuk. Lalu aku tidur dan bermimpi seakan-akan seseorang menyeru: Haji yang mabrur dan haji tamatuk yang diterima. Aku mendatangi Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, lalu aku menceritakannya. Beliau berkata: Allah Maha Besar, itu adalah sunah Abul Qasim Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.[1]
٢٣٧ - عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: تَمَتَّعَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي حَجَّةِ الۡوَدَاعِ بِالۡعُمۡرَةِ إلَى الۡحَجِّ، وَأَهۡدَى فَسَاقَ مَعَهُ الۡهَدۡيَ مِنۡ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ، وَبَدَأَ رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَأَهَلَّ بِالۡعُمۡرَةِ إِلَى الۡحَجِّ، فَكَانَ مِنَ النَّاسِ مَنۡ أَهۡدَى، فَسَاقَ الۡهَدۡيَ مِنۡ ذِي الۡحُلَيۡفَةِ، وَمِنۡهُمۡ مَنۡ لَمۡ يُهۡدِ، فَلَمَّا قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ مَكَّةَ، قَالَ لِلنَّاسِ: (مَنۡ كَانَ مِنۡكُمۡ أَهۡدَى فَإِنَّهُ لَا يَحِلُّ مِنۡ شَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ حَتَّى يَقۡضِيَ حَجَّهُ، وَمَنۡ لَمۡ يَكُنۡ أَهۡدَى فَلۡيَطُفۡ بِالۡبَيۡتِ وَبِالصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، وَلۡيُقَصِّرۡ وَلۡيُحَلِّلۡ، ثُمَّ لِيُهِلَّ بِالۡحَجِّ وَلۡيُهۡدِ، فَمَنۡ لَمۡ يَجِدۡ هَدۡيًا فَلۡيَصُمۡ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فِي الۡحَجِّ وَسَبۡعَةً إذَا رَجَعَ إلَى أَهۡلِهِ) فَطَافَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حِينَ قَدِمَ مَكَّةَ، وَاسۡتَلَمَ الرُّكۡنَ أَوَّلَ شَيۡءٍ، ثُمَّ خَبَّ ثَلَاثَةَ أَطۡوَافٍ مِنَ السَّبۡعِ، وَمَشَى أَرۡبَعَةً، وَرَكَعَ حِينَ قَضَى طَوَافَهُ بِالۡبَيۡتِ عِنۡدَ الۡمَقَامِ رَكۡعَتَيۡنِ، ثُمَّ سَلَّمَ فَانۡصَرَفَ، فَأَتَى الصَّفَا، فَطَافَ بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ سَبۡعَةَ أَطۡوَافٍ ثُمَّ لَمۡ يَحِلَّ مِنۡ شَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ حَتَّى قَضَى حَجَّهُ، وَنَحَرَ هَدۡيَهُ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَأَفَاضَ فَطَافَ بِالۡبَيۡتِ، ثُمَّ حَلَّ مِنۡ كُلِّ شَيۡءٍ حَرُمَ مِنۡهُ، وَفَعَلَ مَا فَعَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مَنۡ أَهۡدَى وَسَاقَ الۡهَدۡيَ مِنۡ النَّاسِ.
237. Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan umrah sebelum haji pada haji wadak. Beliau hendak berhadyu (kurban haji) dan beliau menggiring hewan hadyu bersama beliau dari Dzul Hulaifah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai talbiah untuk umrah, kemudian talbiah untuk haji. Di antara manusia ada yang menggiring hewan hadyu dan di antara mereka ada yang tidak berhadyu.
Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Makkah, beliau bersabda kepada orang-orang, “Siapa saja di antara kalian yang berhadyu, maka tidak halal baginya larangan ihram sampai dia menyelesaikan haji. Dan siapa saja di antara kalian yang tidak berhadyu, maka ia tawaf di Kakbah dan sai antara Shafa dan Marwah, kemudian mencukur pendek rambut dan tahalul. Kemudian nanti ia berihlal untuk haji. Barang siapa tidak mendapatkan hadyu, maka ia puasa tiga hari ketika masa haji dan tujuh hari apabila sudah pulang ke keluarganya.”
Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tawaf ketika tiba di Makkah. Beliau menyentuh sudut (Hajar Aswad) pada awal kali, kemudian lari-lari kecil sebanyak tiga putaran dan berjalan biasa sebanyak empat putaran. Lalu beliau salat di dekat makam (tempat berdiri) Ibrahim ketika telah selesai tawaf di Kakbah sebanyak dua rakaat. Kemudian beliau salam, lalu berbalik mendatangi bukit Shafa. Beliau sai di Shafa dan Marwah sebanyak tujuh lintasan.
Kemudian beliau tidak tahalul dari larangan ihram sampai beliau menyelesaikan hajinya. Beliau menyembelih hadyu pada hari nahar kemudian beliau bertolak menuju Masjidilharam dan tawaf di Kakbah. Kemudian beliau tahalul dari segala larangan ihram. Orang-orang yang berhadyu dan menggiring hadyunya melakukan seperti perbuatan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.[2]
٢٣٨ - عَنۡ حَفۡصَةَ زَوۡجِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهَا قَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا شَأۡنُ النَّاسِ حَلُّوا مِنۡ الۡعُمۡرَةِ، وَلَمۡ تَحۡلِلۡ أَنۡتَ مِنۡ عُمۡرَتِكَ؟ فَقَالَ: (إنِّي لَبَّدۡتُ رَأۡسِي، وَقَلَّدۡتُ هَدۡيِي، فَلَا أَحِلُّ حَتَّى أَنۡحَرَ).
238. Dari Hafshah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bertanya, “Wahai Rasulullah, mengapa orang-orang sudah selesai tahalul umrah namun engkau belum tahalul dari umrahmu?”
Beliau menjawab, “Sesungguhnya aku telah merekatkan rambutku dan telah mengalungi hewan hadyuku, jadi aku belum tahalul sampai aku menyembelih.”[3]
٢٣٩ - عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَنَّهُ قَالَ: (أُنۡزِلَتۡ آيَةُ الۡمُتۡعَةِ فِي كِتَابِ اللهِ، فَفَعَلۡنَاهَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَلَمۡ يَنۡزِلۡ قُرۡآنٌ يُحَرِّمُهُ، وَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡهَا حَتَّى مَاتَ، قَالَ رَجُلٌ بِرَأۡيِهِ مَا شَاءَ).
قَالَ الۡبُخَارِيُّ: (يُقَالُ إنَّهُ عُمَرُ).
وَلِمُسۡلِمٍ: (نَزَلَتۡ آيَةُ الۡمُتۡعَةِ - يَعۡنِي مُتۡعَةَ الۡحَجِّ - وَأَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ؛ ثُمَّ لَمۡ تَنۡزِلۡ آيَةٌ تَنۡسَخُ آيَةَ مُتۡعَةِ الۡحَجِّ. وَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ حَتَّى مَاتَ).
وَلَهُمَا بِمَعۡنَاهُ.
239. Dari ‘Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, “Ayat haji tamatuk telah diturunkan di dalam kitab Allah, lalu kami pernah melakukannya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tidak turun satu ayat Alquran pun yang melarangnya dan Nabi tidak melarang darinya sampai beliau meninggal. Ternyata ada seseorang yang mengatakan apa yang dia kehendaki dengan pendapatnya sendiri.”[4]
Al-Bukhari berkata: Ada yang berkata bahwa orang itu adalah ‘Umar.
Dalam riwayat Muslim, “Ayat tentang haji tamatuk telah turun di kitab Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memerintahkannya kepada kami. Kemudian tidak turun satu ayat pun yang menghapus ayat tentang haji tamatuk dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarangnya sampai beliau meninggal.”[5]
Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, ada riwayat lain yang semakna dengannya.